Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Terbaru 2016

Author Pebisnis Online
Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Terbaru 2015

Siapa yang tak suka cokelat? Rasa manis dan efek menenangkan membuat olahan coklat sangat diminati. Tak heran banyak pelaku usaha rumahan, misalnya ibu rumah tangga, yang tertarik menjajal peruntungan di usaha minuman coklat yang sedang digemari anak muda. Selain diminati masyarakat, untuk memulai usaha minuman coklat hanya butuh modal kecil namun cepat mendatangkan untung. Usaha rumahan minuman coklat seperti apa yang sedang ngetren dan menguntungkan serta bagaimana prospeknya?

Usaha Rumahan Waralaba Minuman Coklat

Selain rasanya yang manis, coklat ternyata bila dikonsumsi dalam kadar yang cukup mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan seperti anti depresi, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi resiko kanker, menghaluskan kulit dan menghambat penuaan. Tak heran bila usaha rumahan olahan coklat akan terus berpeluang bagus karena diterima oleh semua kalangan, termasuk usaha minuman coklat.

Seorang pengamat marketing mengatakan bahwa prospek usaha rumahan minuman coklat masih sangat menggiurkan. Pasalanya selama ini coklat hanya dijadikan sebagai salah satu menu saja dan masih sedikit pelaku usaha yang benar-benar fokus mengembangkan minuman coklat sebagai menu utama. Padahal coklat dapat dikreasikan menjadi aneka minuman lezat dan dapat menyegarkan. Banyak pelaku usaha rumahan, spt ibu rumah tangga, hanya terpaku pada satu jenis minuman coklat saja dan cenderung menjadikan minuman coklat sebagai salah satu menu saja. Padahal, coklat bisa dikembangkan menjadi banyak varian minuman coklat.

Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Terbaru 2015

Dengan segmentasi pasar yang luas, tentu memudahkan pelaku usaha rumahan, contohnya ibu rumah tangga, minuman coklat untuk memilih segmentasi mana yang hendak dituju, apakah kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas. Yang penting, tepat membidik pasar yang dituju dengan menawarkan produk yang ditawarkan pasar tersebut. Misal saja, jika mengusung konsep café dengan harga premium adalah tepat bila membidik konsumen kalangan elit, perkantoran hingga pebisnis. Sedangkan jika menggunakan booth, lebih baik membidik konsumen kelas bawah dengan segmentasi pasar anak sekolah yang menawarkan harga terjangkau.

Prospek Usaha Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Meski usaha waralaba minuman bak jamur di musim hujan, namun pemilik merek dagang yang khusus menawarkan minuman coklat masih sangat jarang ditemukan. Hal tersebut disebabkan oleh karena kebanyakan minuman coklat hanya dijadikan menu tambahan di dalam menu utama yang ditawarkan. Coba sajalihat di mall atau dimanapun itu, masih sangat jarang pemain yang memang hanya menawarkan menu minuman coklat saja.

Berangkat dari situlah, Dikdik Dika Prasetya, pewaralab Coklat Kocok, tertarik untuk mengembangkan usaha minuman coklat yang menguntungkan ini. Menurutnya, pelaku usaha rumahan, kayak ibu rumah tangga, yang benar-benar menawarkan varian menu minuman coklat masih dapat dihitung oleh jari. Pasarnya masih belum tergarap dan gerai yang hanya fokus menjual minuman coklat masih belum banyak. Makanya dia tidak menjual minuman lain di luar coklat.

Memilih Usaha Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Pengusaha di Indonesia memang pantas diacungi jempol, pasalnya banyak pelaku usaha yang menawarkan minuman coklat yang terbilang unik dan variatif dengan menghadirkan beragam pilihan rasa dan topping unik seperti pemilik merek dagang Choco Rich an Coklat Kocok. Dengan ragam pilihan produk minuman coklat tersebut , tentu akan semakin memudahkan calon pemilik bisnis rumahan dalam memilih usaha minuman coklat yang digelutinya.

Di samping ragam dan keunikan yang ditawarkan, investasi yang ditawarkan juga terhitung terjangkau. Coklat Kocok misalnya yang mematok paket investasi mulai dari 1,5 juta dan 4,5 juta, calon pemilik bisnis rumahan sudah bisa menjalankan usaha rumahan minuman coklat. Selain itu, ada Coklat Mania dan Coklat Rich yang menawarkan investasi mulai 2,5 juta – 12 juta. Namun jika seorang ibu rumah tangga punya modal lebih, tidak ada salahnya menimbang tawaran kerja sama Coklat Klasik dengan pilihan investasi mulai dari 7,5 – 47 juta.

Menariknya, semua pemilik merek dagang minuman coklat tidak mengenakan royalty fee dan menjanjikan target balik modal cepat dengan persentase keuntungan yang sangat menggiurkan. Pemilik merek dagang Coklat Kocok, Choco Rich dan Coklat Klasik misalnya menargetkan pemilik bisnis rumahan bisa balik modal dalam 3 – 6 bulan dengan keuntungan bersih sebesar 20 – 32 % dari omset. Lain lagi dengan pemilik merek dagang Coklat Mania yang optimis pemilik bisnis rumahan dapat balik modal hanya dalam 1 – 2 bulan saja dan menjanjikan keuntungan sebesar 33 % dari omset perbulannya.

Cara Menjalankan Usaha Di Rumah

Perkembangan usah di bidang makanan dan minuman masih merajai dibandingkan usaha rumahan di bidang lainnya, tak terkecuali usaha olahan coklat. Disamping cukup dengan modal kecil, usaha rumahan olahan coklat pun masih memiliki prospek yang menjanjikan. Apalagi jika kita lihat, hampir sebagian besar masyarakat gemar makan coklat mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Hanya saja jika dilihat dari jenis usaha rumahan olahan coklat yang ada, masih didominasi oleh makanan seperti cake, tart coklat, brownies coklat, choco chip dan permen coklat. Karenanya, peluang usaha rumahan minuman coklat masih sangat terbuka lebar, terlebih jika ingin mengembangkannya dengan sistem waralaba, tentunya sangat prospektif. Kita ambil contoh, di pusat perbelanjaan atau mall, kebanyakan yang ada adalah toko kue coklat atau sejenisnya, untuk minuman pasti yang kita temui adalah teh, kopi, atau jus buah, kalau pun ada hanya sebagai menu tambahan saja. Jarang sekali kita temui pelaku usaha rumahan, misal ibu rumah tangga, yang menjual minuman coklat sebagai menu utama.

Meski begitu, buatlah keunikan produk olahan coklat yang ditawarkan karena jika standar saja maka akan menjadi percuma dan sama saja dengan pelaku usaha rumahan, seperti ibu rumah tangga lainnya, yang menambahkan menu minuman coklat dalam menu utamanya. Keunikan tersebut dapat menjadi modal dalam menghadapi persaingan usaha rumahan nantinya dan dapat menjadi ciri khas untuk usaha minuman coklat oleh ibu rumah tangga.

Dalam membuka sebuah usaha rumahan, faktor pemilihan lokasi pun sangat menentukan keberhasilan usaha rumahan. Untuk itu, pilihlah lokasi yang tepat dengan target pasar dan segmentasi yang ingin dicapai. Misalnya, jika ingin membidik konsumen kalangan menengah ke bawah, dapat berjualan di sekitar sekolah, kampus atau pasar. Namun jika membidik konsumen kalangan menengah ke atas, cari lokasi yang menunjang seperti mall atau food court.

Puluhan Jenis Usaha Waralaba Minuman Coklat

– Coklat Mania Camp, jl. Veteran 20, Singgahan, Palem (Kampung Inggris) Pare Kediri, modal 2,5 – 8 juta.
– Coklat Mania, jl. Diponegoro V / 5 Banyumanik Semarang Jawa Tengah, modal 3,5 juta.
– Coklat Kings, jl. A. Paturungi, Taman Solthana D 33 Sulawesi Selatan, modal 4 – 20 juta
– RezBeans Chocolate Float Shake, jl. Raya Mangga Besar no. 135 – 136 Jakarta Pusat, modal 4,5 – 15 juta.
– Revell Coklat Indonesia, jl. Ahmad Yani no. 103 Cirebon, modal 5 juta.
– Choco Mamma, Maguwo RT. 14 RW 27 no. 160 A, Banguntapan, Bantul Yogyakarta, modal 5 juta.
– Alia Chocolate, Gedung Graha Sentana Lantai 2, jalan Buncit Raya no. 2 Jakarta Selatan, modal 5 juta.
– Coklat Holic, jl. Kapten Dulasim XI C no. 43 RT. 3 RW. 1 Kramat Inggil, Gresik. Modal 5 – 6,5 juta.
– Cokola Blend, Blok M Square, Food Court lt. 5, Blok M Jakarta Selatan, modal 5 – 7 juta.
– Mang Kacau, jl. Empu Panuluh Raya no. 44, Permunas 2 Tangerang, modal 5 – 32 juta.
– Waweo Choco Buzz, jl. Ry. Bambang Saptorenggo, Pakis Malang Jawa Timur, modal 6 juta.
– Pasco, jl. Kalitan no. 3 Surakarta, modal 7 – 9,5 juta.
– Coklat Klasik, jl. Ry. Joyo Agung, Ruko Griya Amarta kav. C 6 Malang, modal 7,5 – 47 juta
– Magic Chocolate, jl. By Pass Ngurah Rai 154 Sanur Kaja, Denpasar Bali, modal 10 juta.
– Frezz Bubble Choco, jl. Sukabakti III no. 25, Tangerang, modal 10 – 12,5 juta.