Cara Buka Usaha Rumahan Untuk Menambah Penghasilan Buat Pemula

Author Pebisnis Online
usaha rumahan untuk menambah penghasilan

Cara Terbaik Jalankan Usaha Rumahan Untuk Menambah Penghasilan Buat Pemula

Bila Anda ingin mencoba menjalankan usaha rumahan untuk menambah penghasilan maka itu adalah sesuatu niat yang baik artinya dalam diri kita ada kemauan buat memperbaiki tingkat ekonomi saat ini. Namun sayangnya, banyak orang merasa kesulitan menemukan ide bisnis kecil rumahan seperti apa yang harus dikerjakan, kalau bisa dengan modal kecil dan pastinya harus menguntungkan dalam jangka panjang. Padahal sebenarnya, untuk menemukan ide bisnis dengan basis rumahan tidaklah sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang, apakah dia seorang ibu rumah tangga, seorang karyawan atau bahkan mahasiswa yg ingin memulai usaha kecil di rumah.

Ya, ide usaha rumahan bisa mudah ditemukan sepanjang kita mau memakai waktu sejenak untuk mendapatkan ide bisnis tersebut. Misalnya saja, menjalankan kerja sampingan di rumah dengan modal hobi, atau keahlian atau bisa pula pengalaman kerja saat menjadi karyawan di perusahaan tertentu. Cari saja model kerja sampingan di rumah yang dapat dikerjakan dirumah yg berhubungan dengan hobi tertentu dan sangat antusias bila melakukannya secara berulang-ulang apalagi bila dapat menghasilkan uang. Misal, kalau punya hobi memasak atau membuat makanan ringan seperti kue dan sejenisnya maka usaha rumahan untuk menambah penghasilan seperti buka catering, menerima pesanan kue, buka warung makan kecil adalah beberapa contoh jenis bisnis menguntungkan yg bisa dirintis di rumah.

usaha rumahan untuk menambah penghasilanKeahlian mengoperasikan komputer karena profesinya sebagai karyawan administrasi maka keahlian itu dapat dimanfaatkan untuk mencari penghasilan sampingan seperti membuka usaha jasa pengetikan di rumah. Jika kerja di salon kecantikan, maka dapat mencoba buka jasa perawatan wajah di rumah dengan pelanggan para tetangga, saudara dan lain-lain.

Tapi sebelum memutuskan membuka usaha rumahan untuk menambah penghasilan, maka ada baiknya seorang ibu rumah tangga, karyawan yg ingin punya bisnis sampingan atau mahasiswa yang butuh modal buat biaya kuliah, memperhatikan beberapa hal penting yang akan dibahas berikut ini.

Cara Memilih Peluang Usaha Rumahan Untuk Menambah Penghasilan

  • Perhatikan sekeliling Anda, entah itu lingkungan di tempat kerja, lingkungan kampus atau lingkungan rumah, kira-kira ada bisnis kecil apa yg sudah dijalankan orang lain dan terihat sudah sukses. Mengukur tingkat kesuksesan sebuah bisnis seperti itu bisa dilihat misalnya dengan banyaknya pelanggan mereka. Jika kita mau buka bisnis rumahan yang sama maka tanyalah kepada diri sendiri, apakah kira-kira mampu melakukannya dimana hal itu berhubungan dengan minat, keahlian atau modal yang dibutuhkan. Bila saja ada syarat utama yg bisa dipenuhi saat ingin mencontoh keberhasilan bisnis orang lain spt punya keahlian sama atau punya minat sama atau punya kedua-duanya maka sebenarnya kita sudah punya modal paling utama dalam rencana buka usaha rumahan untuk menambah penghasilan sendiri. Jangan terlalu memikirkan modal besar terlebih dulu sebab sebenarnya untuk para pemula dianjurkan menggunakan modal sekecil-kecilnya dan melihat perkembangan bisnis rumahan tersebut minimal dalam waktu 6 bulan ke depan.
  • Bila sudah mendapatkan sebuah ide bisnis yang menguntungkan maka persiapkan mental dengan baik. Artinya Anda harus siap bekerja keras, siap capek dan siap rugi. Menekuni sebuah usaha sampingan rumahan buat seorang karyawan butuh ekstra tenaga karena harus terus bekerja menjalankan bisnis kecil rumahannya itu setelah pulang kerja. Atau seorang ibu rumah tangga harus bekerja ekstra di rumah karena harus pandai mengatur kebutuhan rumah tangga dan menyediakan waktu buat menekuni usaha sampingannya. Kunci utama agar pekerjaan utama tidak terganggu adalah dengan cara mendisiplinkan diri memakai waktu secara baik dan maksimal agar usaha rumahannya bisa juga menghasilkan uang.
  • Bila Anda seorang karyawan, maka jangan pernah keluar dari pekerjaan utama demi hanya untuk menekuni usaha rumahan tersebut. Kita bisa saja meninggalkan pekerjaan utama tersebut dengan catatan bahwa selama setahun terakhir hasil keuntungan bisnis sampingan tersebut lebih besar dari kerja di kantor dan Anda memiliki keyakinan bahwa jika serius menekuni usaha kecil tersebut maka keuntungan akan menjadi lebih berlipat-lipat daripada dikerjakan sebagai pekerjaan sampingan saja. Mungkin, tujuan utama berbisnis di rumah adalah untuk dijadikan sumber penghasilan utama daripada terus menerus bekerja untuk orang lain, itu adalah niat yang baik, namun bijaklah memutuskan kapan harus keluar dari pekerjaan utama dan menekuni bisnis sendiri di rumah karena yang dipertaruhkan di sini ialah masa depan keluarga Anda.
  • Jangan berputus asa bila suatu saat usaha rumahan untuk menambah penghasilan tersebut menemui kemunduran atau tidak berkembang karena sebenanya itulah tantangan dalam jenis bisnis apapun. Tak ada bisnis tanpa persaingan. Dalam hal macetnya sebuah usaha sampingan ini, maka sebenarnya jiwa kewirausahaan sedang mendapatkan ujian. Jika dalam waktu 2 tahun berturut-turut mampu bertahan menjalankan pekerjaan sampingan itu maka artinya 80% Anda sudah lolos saringan pertama seorang pebisnis. Sebab data statistik menunjukkan fakta bahwa 8 dari 10 pemula yg memulai usaha sendiri, gugur di tahun kedua mereka artinya mereka tak sanggup meneruskan bisnis sampingan melewati 2 tahun pertama. Tapi jika seseorang mampu bertahan hingga 3 tahun maka sebenarnya dia memiliki jiwa seorang petarung sejati.

Menurut pengalaman para pebisnis sukses bahwa bisnis itu sebenarnya adalah seni. Tak ada kerja monoton dalam menjalankan sebuah bisnis. Variasi irama sangat penting agar menambah keindahan dalam menjalankan sebuah bisnis persis seperti alunan sebuah lagu. Jadi siapkah Anda menjalankan usaha rumahan modal kecil sendiri?