Usaha Modal Kecil Menguntungkan Untuk Ibu Rumah Tangga

Author Pebisnis Online
memiliki toko online sebagai bisnis yang cepat menghasilkan uang

Ide bisnis dengan modal kecil bisa datang dari mana saja, apakah berasal dari keahlian, pengalaman, hobi dan lain sebagainya. Seperti contoh usaha modal kecil yg dilakukan oleh Niknik Nuraeni dengan akun Twitter @niknuraeni dimana dari hobinya merajut, dia dapat memperoleh penghasilan puluhan juta rupiah setiap bulannya. Usaha kecil Niknik yg dimulai dari kegiatan untuk mengisi waktu luang tersebut kini telah menjelma menjadi sebuah bisnis menguntungkan dengan penghasilan menjanjikan. Merintis usaha merajut sejak tahun 2011 dgn nama Denik Crafts, Niknik mencari ide produk rajutannya dari buku-buku crochet yang mudah diperoleh di toko buku atau juga mencarinya dari internet. Dari sana, dia dapat menemukan ide untuk membuat pola atau desain sampai cara membuat sebuah produk rajutan yg memiliki nilai jual.

Sukses Usaha Seorang Ibu Rumah Tangga Jalankan Bisnis Kecil Menguntungkan Dengan Modal 50 Ribu SajaUsaha Modal Kecil Menguntungkan Untuk Ibu Rumah Tangga

“Hanya dengan modal 50 ribu, saya memulai usaha modal kecil di rumah tersebut”, terang Niknik saat menjelaskan modal awalnya ketika memulai usaha kecilnya. Modal sebesar itu digunakan untuk membeli berbagai bahan berhubungan dengan produksi rajutannya seperti benang rajut, jarum rajut khusus untuk crochet/haken dan gunting. Bahan-bahan tersebut dibelinya di pasar Jatinegara dan Pasar Tanah Abang Jakarta.

Niknik yakin, peluang usaha dengan modal kecil ini memiliki prospek cerah dan cocok dikerjakan oleh ibu rumah tangga buat mengisi waktu luang. Usaha rumahan ini memiliki pasar bagus karena ciri produk yg bersifat eksklusif dan berbeda jika dibandingkan dengan produk missal keluaran pabrik. Produk rajutan adalah hasil pekerjaan tangan dimana tidak akan sama untuk setiap hasilnya. Oleh sebab itu, produk rumahan ini memiliki nilai keunikan tersendiri. Dengan keunikan tersebut maka nilai jual produk lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil pabrikan. Niknik sendiri sudah mampu memproduksi berbagai macam model yang kesemuanya berhubungan dengan produk fashion seperti baju, syal, bando, bros, berbagai jenis tas, sweater sampai produk sandal dan sepatu.

Usaha ibu rumah tangga modal kecil ini, menurut Niknik, memiliki tingkat persaingan yang tidak begitu sengit walau bergerak di bidang fashion. Agar memenangkan persaingan, dia biasanya memproduksi karya rajutan terbaru dengan harga lebih murah dan senantiasa menjaga kualitas produk sehingga konsumen tidak akan kapok membeli produknya dan malah merasa puas dengan hasil karya usaha kecil yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga tersebut. Dengan segment pasar dari kalangan menengah ke atas, maka Niknik yakin bahwa produk buat kalangan menengah ke bawah pun bisa diproduksi dengan tetap mempertahankan kualitas.

Di tahun 2015 ini, Niknik sudah tidak bisa memproduksi hasil rajutannya sendiri oleh karena permintaan makin besar. Oleh sebab itu, dengan bantuan karyawan sebanyak 3 orang, dia membagi pekerjaan mereka menjadi 2 orang khusus memproduksi tas dan dompet sedangkan 1 orang khusus buat bagian menjahit. Setiap bulan, usaha kecil rumahan yang menguntungkan tersebut berhasil memproduksi 200 jenis model yang unik seperti bros, bandana, syal, tempat HP, dompet, tas, topi bayi, sepatu bayi, sweater bayi dan baju bayi. Untuk harga jual sangat terjangkau yaitu berkisar antara 50 ribu – 300 ribu per biji menjadikan usaha ibu rumah tangga modal kecil ini menghasilkan keuntungan puluhan juta per bulannya.

Niknik juga menerima pemesanan dengan model sesuai permintaan konsumen yang kebanyakan adalah para wanita dan ibu rumah tangga. Konsumen memberikan spesifikasi ukuran yang dipesannya dan biasanya bisa diselesaikan dengan waktu sekitar 3 – 7 hari tergantung kerumitan model dan ukuran produk yg dipesan. Sedangkan pada proses pembuatan tas dan dompet, setelah selesai dirajut, diteruskan dengan pemasangan resleting dan puring memakai mesin jahit.

Selain memasarkan secara langsung kepada konsumen yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga di outletnya di kawasan Jl. Rasamala VII Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan; Niknik juga aktif memanfaatkan media online seperti Twitter, Facebook dan membikin blog pribadi untuk memperluas jangkauan pemasaran. Dan nyatanya, usaha pemasaran online tersebut cukup berhasil dengan bukti bahwa konsumen produk usaha ibu rumah tangga modal kecil tsb datang dari kota lain seperti Tangerang, Bekasi, Cirebon, Cianjur, Bogor, Bekasi, Sukabumi, Banten, Ternate, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan.

Strategi pemasaran bisnis dengan modal kecil yg biasanya dilakukan selain itu ialah memberikan diskon sampai dengan 50% bahkan gratis kepada konsumennya. Taktik ini dipakainya untuk menghabiskan produk yg belum terjual, dengan strategi seperti itu maka Niknik mengharapkan pelanggan tertarik dan melakukan pembelian lagi di waktu atau tahun mendatang. Dan nyatanya, taktik semacam ini mampu membuat pelanggan setia berbelanja produk hasil buatannya.

Selain secara online, cara memasarkan produk hasil usaha rumahan yg biasa dilakukan Niknik ialah dengan cara mengikuti pameran-pameran. Menurutnya, pameran adalah salah satu cara pemasaran yg paling efektif untuk memberikan keuntungan dengan cepat dan bisa mencapai 50% persentase keuntungan lewat penjualan di pameran. Beberapa pameran yg pernah diikutinya ketika menjalankan usaha modal kecil ini ialah Cafina dan Hellofest. Walau dalam segi pendanaan usaha ibu rumah tangga modal kecil tersebut ketika mengikuti pameran berasal dari modal sendiri namun menurut pengakuannya, keuntungan bersih bisa sampai 50% setelah dipotong biaya pameran dan biaya operasional lain. Hem, benar-benar sebuah bisnis yang menguntungkan walau dengan modal kecil, bukan?

Model pemasaran lewat pameran memang menghasilkan keuntungan besar, namun di tahun-tahun mendatang bila akan mengikuti pameran lagi dia akan berusaha mencari mitra bisnis seperti dari pemerintah atau perbankan untuk meringankan beban biaya selama pameran. Menurut Niknik biaya paling besar yg menyedot keuangan ialah biaya sewa booth. Jika ada rekanan bisnis yg bisa memajukan usaha modal kecil miliknya dengan memberikan pinjaman lunak maka dia akan sangat berminat untuk mencobanya guna lebih menggandakan keuntungan yg telah didapatkan selama ini.

Kiat Sukses Menjalankan Usaha Modal Kecil Agar Menguntungkan

Niknik Nuraeni, seorang wanita kelahiran 28 Agustus 1984, menjelaskan kiat yg selama ini dilakukannya dalam kaitan dengan usaha kecil rumahannya yaitu sebuah ketekunan. Modal ketekunan sangat penting buat menjalankan usaha, apapun jenis usaha yang dijalankan. Tanpa ketekunan maka tak mungkin seorang ibu rumah tangga bisa sukses menghasilkan keuntungan seperti keinginannya. Kiat ini paling tidak telah dipraktekannya saat menjalankan usaha rajutannya dan nyatanya memang sangat berhasil bertahan dan menguntungkan dari sefi financial buat dirinya. Usaha modal kecil seperti usaha membuat produk rajutan sangat ditunjang juga dengan hobi yg selaras. Tanpa adanya ketekunan dan hobi merajut, maka Niknik yakin bahwa usaha tersebut tak akan bisa bertahan langgeng. Memang usaha ibu rumah tangga modal kecil seperti ini tidak bisa dikerjakan oleh setiap ibu rumah tangga namun dari contoh ini paling tidak setiap ibu RT dapat menarik sebuah kesimpulan sendiri bahwa untuk menjalankan sebuah bisnis di rumah membutuhkan tidak hanya modal uang saja tapi yg terpenting adalah passion.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah masih berminat dan memiliki niat untuk mencontoh usaha kecil seperti yg dilakukan oleh Niknik Nuraeni ini? Jika jawabannya YA, maka mulailah menggali potensi apa yg ibu rumah tangga miliki sekarang ini namun belum pernah dimanfaatkan untuk mencoba mengkonversinya melalui usaha modal kecil yang bisa dilakukan di rumah dan berpotensi menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Ingatlah bahwa tidak ada sesuatupun yg sulit dicari dan dikerjakan bila ada kemauan dan kerja keras terutama dalam hubungannya mencari penghasilan sampingan di rumah. Selamat berbisnis!