Tips Memilih Usaha Waralaba Makanan di Indonesia

Author Pebisnis Online
buka usaha modal kecil mcdonalds

Memulai sebuah bisnis franchise tidak terlepas dari sebuah perencanaan yang baik, modal usaha, kerja keras dan masih banyak hal lain yang perlu diperhatikan. Dalam kaitan itu, kami ingin membagikan tips memilih usaha waralaba makanan yang terbaik buat karyawan, wanita karir, ibu rumah tangga atau siapapun yg memiliki keinginan untuk membuka bisnis waralaba sebagai usaha sampingan atau bahkan sebagai sebuah bisnis utama yang menghasilkan uang. Persaingan bisnis di bidang waralaba makanan yang semakin ketat adalah sebuah tantangan tersendiri buat siapa saja yang kepingin menjalankan usaha rumahan modal kecil tersebut namun persaingan dalam dunia bisnis adalah sebuah hal biasa. Oleh sebab itu, dalam setiap menjalankan sebuah usaha sendiri di rumah atau di mana saja, bukan persaingan bisnis yg hendak dihindari namun harus dihadapi, karena bisnis sebenarnya identik dengan persaingan.

Beberapa Tips Memilih Usaha Waralaba Makanan Yang Terbaik

tips memilih usaha waralaba yang terbaik di IndonesiaProspek waralaba makanan dengan modal kecil, sekitar 10 juta sampai dengan 50 juta, memang sangat menjanjikan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Manado dan kota lainnya. Namun belakangan ini, pebisnis waralaba makanan ini juga telah mulai tumbuh dan berkembang di kota kecil seperti Tangerang, Bogor, Depok, Sidoarjo dan kota-kota pendukung metropolis. Ini menandakan bahwa usaha waralaba makanan semakin berkembang dan memiliki prospek bisnis yang baik. Buat Anda yg ingin membuka usaha waralaba makanan murah maka silahkan menyimak beberapa tips paling baik agar tidak salah menjalankan bisnis waralaba.

Lihat Catatan Sejarah Franchisor. Salah satu usaha buat menentukan waralaba makanan mana yg tepat maka telitilah dengan cermat catatan sejarah franchisor (pewaralaba) seperti misalnya sudah berapa lama bisnis franchise tersebut dijalankan. Ini adalah langkah awal terpenting untuk mengetahui apakah bisnis tersebut telah teruji oleh waktu, mampu bertahan dalam persaingan bisnis makanan. Jangan hanya tergiur oleh karena modal waralaba kecil maka langsung menjalankannya sebelum melakukan pertimbangan hal-hal lain seperti kapan bisnis tersebut mulai beroperasi. Sebagai patokan, sebaiknya memilih bisnis franchise makanan yang telah beroperasi minimal 3 tahun, karena dalam waktu tersebut biasanya sebuah usaha sudah mengalami ujian yg cukup terutama mampu bertahan dalam persaingan usaha waralaba makanan.

Segi Makanan. Sedapat mungkin pilihlah waralaba makanan yg menyediakan 1 jenis makanan yg disukai oleh segala usia, dari anak-anak sampai orang tua, atau jika ada beberapa atau banyak jenis makanan yg ditawarkan franchisor maka sebaiknya memilih waralaba dengan jenis menu makanan untuk keluarga. Baik hanya satu jenis makanan ataupun banyak jenis makanan yang ingin dijual dalam bisnis waralaba tersebut, yg paling utama adalah makanan yg dijual tersebut bisa dikonsumsi oleh siapa saja. Sebab dengan demikian itu akan memudahkan dalam hal memasarkan produk waralaba tersebut kepada masyarakat.

Memilih Lokasi. Ini pula tak boleh sembarangan karena menyangkut omzet penjualan dan berhubungan dengan keuntungan bisnis. Jika memilih produk waralaba makanan model kaki lima atau memakai media gerobak dorong atau waralaba yg bisa mobile (berpindah-pindah) maka tempat paling tepat buat menjajakannya adalah di tempat keramaian seperti mall, daerah perkantoran, sekolahan atau kampus. Jika memang sebuah lokasi dinilai cukup strategis dan harus menyewa jika mau berjualan di sana maka dengan perhitungan tepat perihal sewa tempat bisa dikalkulasikan sebagai modal yg dapat tertutup dengan keuntungannya.

Itulah ketiga tips memilih usaha waralaba paling menentukan apakah sebuah bisnis waralaba makanan dengan modal kecil bisa menguntungkan atau tidak. Tentang jam operasional berjualan, dijalankan sendiri di rumah atau harus dibantu oleh orang lain, bagaimana cara melayani pelanggan yang baik adalah beberapa hal teknis lain yg dapat diperoleh saat Anda telah memilih sebuah franchisor yang tepat. Sebagai informasi tambahan bahwa biasanya setiap franchisor (pemegang merek dagang) selalu akan memberikan pelatihan dasar tentang hal-hal teknis semacam itu. Nah, sudah siap dan inginkah Anda menjalankan usaha waralaba di rumah? Maka mulailah dari sekarang untuk memilih bisnis waralaba terbaik dan semoga artikel ringan seputar tips memilih usaha waralaba makanan ini dapat memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian yg sedang mencari peluang bisnis sampingan modal kecil.