Kerja di Internet Sejak 2007

Author Pebisnis Online

Artikel ini adalah kisah nyata, bukan rekayasa, perjalanan saya saat pertama kali memulai bisnis online pada tahun 2007 dan masih berlangsung sampai saat ini. Peluang usaha bisnis online hanyalah sebuah peluang bisnis biasa, sama seperti bisnis lainnya. Prospek bisnis online bisa sangat menguntungkan jika ditekuni dengan serius. Sukses bisnis online bisa dilakukan tanpa modal, tapi tak sedikit usaha bisnis online yang membutuhkan modal besar.

Banyak pemula berhasil berbisnis online, namun tak sedikit pula yang belum menemukan keberhasilan saat mencari penghasilan di internet. Modal bisnis online yang paling utama adalah kerja keras, kesabaran dan membutuhkan waktu. Jika Anda ingin memulai sebuah peluang bisnis lewat internet buat kerja sampingan di rumah maka pikirkanlah secara matang. Karena jika gagal maka bukan saja tenaga terbuang sia-sia, tapi waktu Anda tak kan bisa dikembalikan.

Jika masih berminat mengikuti kisah saya, maka silahkan membaca seterusnya saat mencari kerja sampingan tanpa modal lewat bisnis online ini.

Cerita Awal Ketika Saya Memulai Bisnis Online

Saya adalah lulusan sarjana di salah satu perguruan tinggi terkenal di Surabaya. Lulus tahun 1992 dari jurusan Ilmu Sosial. Karena IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) pas-pasan, terlebih dari jurusan Ilmu Sosial (orang sering plesetkan menjadi “Sok Sial”), akhirnya susah juga cari kerja. Melamar pekerjaan ke sana ke mari, belum juga mendapat panggilan. Akhirnya, kerja apa saja menjadi pilihan, yang penting bisa dapat uang. Oh ya, saya ingat, waktu itu saya kerja pertama kali sebagai salesman buku pendidikan Bahasa Inggris. Kerja jadi salesman tak lama, hanya tahan beberapa bulan dan akhirnya mengundurkan diri. Mulai lagi, cari kerja lagi, sampai bosan rasanya.

Biar tak jenuh membaca kisah ini, dipersingkat saja, ya?

Di bulan Juli tahun 2004 saya menikah dan tahu enggak? Saya menganggur lho waktu menikah dulu. Lho, kok bisa? Saya sendiri juga bingung dengan calon istri dan mertua waktu itu, kok mau-maunya menerima calon suami/menantu yang pengangguran berat. Tapi memang, kenyataannya seperti itu (aneh tapi nyata, he he he). Namun di September tahun itu, beberapa bulan setelah menikah, saya akhirnya mendapat pekerjaan sebagai tenaga administrasi sebuah perusahaan outsourcing di Surabaya. Dan bulan April 2015, kami barbahagia sebab anak pertama dan satu-satunya, lahir.

Waktu itu, saya dan istri sangat bersyukur karena meskipun kondisi ekonomi serba pas-pasan (terkadang malah sering tekor) namun kami masih dapat bertahan hidup dengan kemampuan kami. Meskipun saya baru kerja, dapat uang dan istri sudah bekerja belasan tahun di sebuah rumah sakit di Surabaya, tapi kebutuhan ekonomi keluarga serba pas-pasan saat ditutupi dengan gaji kami berdua. Namun, saat itu saya belum berpikir untuk kerja dari rumah online, karena jalan pikiran untuk rencana ke masa depan masih belum terbuka. Yang penting, keluarga dalam kondisi sehat, itu sudah lebih dari cukup. Begitu pemikiran saya waktu itu.

Saat Pikiran Mulai Terbuka

Suatu saat saya berpikir, apakah kondisi ekonomi pas-pasan seperti itu akan berlangsung selamanya? Kami memang mendapatkan uang dari bekerja, punya penghasilan tetap, tapi apakah dengan menghasilkan uang sebesar itu sebagai karyawan akan mampu menutupi biaya hidup keluarga, pendidikan anak kelak? Belum lagi, impian untuk memiliki sebuah rumah sendiri (sebab saat ini masih tinggal dengan mertua), kapan bisa terwujud jika hanya mengandalkan gaji karyawan yang serba pas-pasan? Mulailah kegalauan hinggap di hati dan memicu otak untuk mencari peluang usaha rumahan terbaru yang bisa menghasilkan uang dengan mudah.

bagaimana memulai bisnis online tanpa modal yang besar

Usaha Cari Uang Tambahan Lewat Internet

Atas kegalauan itulah, akhirnya saya mulai tertarik untuk menghasilkan uang dari internet sebab sepertinya peluang usaha yang menjanjikan dengan modal kecil amat banyak di internet. Karena pekerjaannya setiap hari di depan komputer dan ada sambungan internet, maka saya berusaha mencari bisnis dari internet (waktu itu, mungkin sekitar tahun 2007 atau 2008). Saya mulai tertarik bergabung dengan bisnis online yang ada di internet. Banyak informasi tentang bisnis gratis menghasilkan uang, namun belum tahu langkah memulai bisnis online yang benar.

Paid to Click adalah cara cari uang cepat di internet yang pertama kali saya coba lakukan. Kerjanya mudah, hanya klik iklan di website tertentu dan mengklik iklan yang muncul. Bayaran tidak besar, hanya beberapa sen saja setiap klik iklan. Memang cari tambahan penghasilan lewat internet dengan cara ini sangat mudah, namun setelah saya hitung dengan teliti, akhirnya nanti saya akan dibayar setelah beberapa bulan kemudian, padahal waktu untuk klik iklan itu bisa berjam-jam dalam sehari. Haduh, bisnis online apa ini? Buang-buang waktu saja!

Saya tinggalkan cara bisnis di internet tersebut, disamping kerjanya membosankan dan ga ngerti kapan dibayarnya, ternyata banyak orang tidak dibayar setelah mencapai nilai nominal tertentu dimana mereka seharusnya dibayar, artinya ini hanya bisnis penipuan. Walau kerja online gratis tanpa biaya pendaftaran dan tanpa modal ini mudah namun ini tidak menjanjikan sama sekali. Cari kerja online dirumah tanpa modal lainnya saja, ah!

Bisnis MLM Online seperti arisan berantai adalah kerja online berikutnya yang saya sempat ikuti setelah Paid to Click. Arisan berantai ini meniru konsep Muti Level Marketing yang sangat marak pada tahun-tahun tersebut. Jika mau gabung bisnis online ini maka harus mengeluarkan modal uang. Walaupun nilai modal bisnis investasi tidak besar tapi saya pikir ini juga kurang prospektif untuk jangka waktu lama atau tidak akan langgeng. Padahal waktu itu, saya sudah ikut arisan berantai dengan nama Asia Bersama dan sudah sempat menikmati hasil beberapa ratus ribu rupiah setelah berhasil merekomendasikan bisnis internet marketing tersebut kepada orang lain.

Tapi itu hanya tahan beberapa bulan, saya akhirnya berhenti dari bisnis investasi online ini dan mulai mencari jenis bisnis online bagi pemula lainnya. Jika Anda saat ini tertarik dengan bisnis arisan online seperti ini, maka sebaiknya segera hentikan saja ikut bisnis tersebut, percayalah Anda akan buang-buang waktu saja. Tak ada peningkatan kesejahteraan bisa dinikmati selain hanya menjerumuskan orang untuk mengikuti Anda sebagai anggota. Lagi pula, bisnis MLM online seperti model arisan itu sudah tidak jaman lagi saat ini.

Menemukan Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil Yang Mudah

Ya, akhirnya saya mulai bergabung bisnis online yang menghasilkan uang dengan mudah dan cocok dengan jati diri sebagai seorang pemula! Apa itu? Nge-BLOG, jawabannya! Menjadi seorang blogger adalah bisnis internet tanpa modal paling menguntungkan buat saya sejak mulai belajar bisnis online di internet. Bisa dikatakan bahwa menjadi blogger adalah sebuah peluang kerja online tanpa modal yang cocok untuk pemula.

Dengan menjadi seorang blogger, maka pelan-pelan saya dapat mengetahui jenis kerja online terpercaya lainnya yg dapat dikerjakan bareng dengan kegiatan blogging, contohnya seperti jual barang online, bisnis iklan, usaha dropship, jadi konsultan SEO dan sebagainya. Jadi ada banyak macam keuntungan tambahan saat kita mengetahui cara mudah dapat uang di internet lewat kegiatan blogging ini.

Blogging memang sangat direkomendasikan untuk para pemula yang ingin memulai bisnis online di rumah. Langkah memulai bisnis online ini hanya membutuhkan modal kecil (atau relatif tidak terlalu besar). Meskipun menghasilkan uang secara online dari sebuah blog membutuhkan waktu, minimal 6 bulan atau lebih untuk pemula, tapi bisnis ini lebih menjanjikan dan menguntungkan jika dibandingkan dengan program mencari uang online yang pernah saya ikuti sebelumnya.

“Jika blogging adalah sebuah peluang usaha tanpa modal yang mudah dikerjakan, maka siapapun pasti bisa belajar cari uang lewat internet dengan mempelajari jenis bisnis online ini”

Cari Uang di Internet Sebagai Blogger

Berikut ini adalah beberapa panduan singkat mengenai cara cari uang lewat internet sebagai blogger:

Belajar menulis atau membuat artikel adalah senjata utama seorang blogger. Blogger wajib bisa membuat artikel yang bagus untuk diposting di blog masing-masing. Kalau tak bisa menulis, gimana? Solusinya: MULAI BELAJARLAH MENULIS (membuat artikel), titik! Cara belajarnya mudah saja, misalnya ambil tulisan orang lain di internet, majalah atau surat kabar, lalu pahami apa maksud artikel tersebut kemudian setelah paham maka buatlah artikel dengan bahasa Anda sendiri. Cukup mudah, bukan?

Perluas pengetahuan dengan mulai senang membaca sesuai hobi kita karena semakin luas pengetahuan kita maka otomatis perlahan-lahan kita akan mampu menulis dengan sendirinya.

Buatlah sebuah blog sesuai dengan hobi kita, tanpa rasa “suka” maka akan sulit untuk menekuni bisnis tanpa modal uang ini. Ukuran blog yang bagus adalah sebuah blog yang teratur diperbarui (update) dan untuk membuat satu artikel baru tak sulit untuk seorang pemula jika dia merasa “senang” saat melakukannya. Sederhana, bukan?

Belajar SEO. SEO (search engine optimization) perlu juga dipelajari dan ini penting juga. Percuma punya blog, tapi tak ada yang membacanya, setuju ‘kan? Untuk belajar SEO juga membutuhkan waktu, minimal paling cepat 6 bulan untuk dapat menguasainya maka itu sudah termasuk Top Markotop! Namun, jangan putus asa bila selama setahun belum juga bisa teknik SEO, tetaplah belajar dan belajar. Blogging memang bukan bisnis yang menghasilkan uang dengan cepat tapi sebuah bisnis online paling mudah jika ditekuni dengan benar dan serius. Jadi semuanya kembali kepada pelakunya sendiri, mau mundur dari bisnis online modal kecil ini atau terus maju.

Bergabung menjadi anggota sebuah komunitas sangat saya rekomendasikan untuk pemula. Misalnya bergabung ke satu forum bisnis online dimana forum itu khusus membahas seputar bisnis internet marketing, contohnya Ads.id. Anda bisa gabung ke forum itu untuk menambah pengetahuan dan berkenalan dengan sesama anggota yang juga sama-sama mencari ilmu secara gratis di salah satu forum bisnis terpopuler di Indonesia, tempat belajar para pemula tersebut.

Perbedaan Dulu dan Sekarang

Baik, kembali ke cerita saya, ya? Sampai dimana tadi? Oh ya, sekarang kondisi ekonomi keluarga bagaimana? Apakah masih pas-pasan atau sudah ada peningkatan?

Jawabnya: saya hanya bisa bersyukur setelah sekian tahun memulai dan sampai saat ini masih menekuni sebuah kerja online dengan tetap belajar menjadi seorang blogger. Saya sudah merasakan bahwa ada peningkatan penghasilan uang setiap bulan dari hasil kerja online gratis tanpa modal ini. Kami sudah tidak merasa kekurangan lagi, jika beberapa tahun lalu sebelum kenal kerja online part time seperti ini, selalu sangat hati-hati ketika mengatur pengeluaran maka sekarang kami sudah bisa menabung sedikit demi sedikit untuk biaya pendidikan anak sampai selesai kuliah dan nanti juga berusaha mewujudkan impian yaitu memiliki rumah sendiri.

peluang bisnis lewat internet rumah idaman
Rumah Impian di Tengah Kebun

Itu pertama, yang kedua adalah kalau dulu mulai belajar bisnis online harus pergi ke warnet dulu sampai dini hari baru pulang ke rumah maka kini saya sudah bisa sewa internet berlangganan sendiri di rumah. Dulu belum punya komputer, sekarang ada 2 laptop buat kerja online sepulang kerja dari kantor. Dulu tidak bisa menabung, sekarang bisa. Itu semua adalah kemajuan luar biasa selama beberapa tahun belakangan ini! Tanpa sadar saya lalu membayangkan, bagaimana kondisi keluarga kami saat ini jika saja saya tak memutuskan memulai belajar berbisnis online beberapa tahun lalu, ya? Pasti sangat terjepitlah! Mengingat makin tingginya harga kebutuhan bahan pokok tidak sesuai dengan kenaikan gaji karyawan tiap tahun walau pun saya dan istri bekerja. Jadi, saya sangat mensyukuri kondisi ekonomi keluarga kami saat ini.

Akhir Kata

Perjalanan saya memulai bisnis online dari dulu sampai sekarang mungkin membosankan untuk dibaca karena akhir ceritanya datar-datar saja. Tapi melalui artikel ini, saya hanya ingin mengungkapkan perasaan syukur atas apa yang telah saya alami selama ini. Belajar bisnis online memang hanyalah salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan (uang) sebagai kerja sampingan di rumah. Semua orang bisa mencoba bisnis online yang menghasilkan uang dengan segala macam model, jika saya menekuni bisnis blogging, namun tak semua orang dapat terus tekun dalam bisnis online termudah seperti ini.

Fokus, kerja keras dan pantang menyerah adalah kunci utama kesuksesan, apapun jenis usahanya dan hal ini berlaku juga untuk cara bisnis di internet. Pesan saya untuk para pemula yang ingin memulai bisnis online adalah segera lakukan tindakan nyata buat menekuninya secepatnya. Temukan peluang bisnis di internet yang cocok dengan kepribadian Anda. Lalu pelajari usaha di internet itu, jalankan dengan kerja keras, tetap fokus kepada satu jenis bisnis saja dan sertai dengan doa. Bila Anda sangat antusias (bersemangat) untuk tetap belajar saat sudah melewati tahun kedua (walau belum terlihat hasilnya secara rutin), maka itu artinya Anda memiliki minat besar untuk tetap berada dalam Jalan Yang BENAR menunggu hasil dari bisnis online. Jika upaya cari tambahan penghasilan itu diteruskan maka saya yakin kesuksesan sudah menanti di depan mata. Selamat belajar bisnis!