Peluang Bisnis Pengecer Pakan Ternak Modal 5 Juta

Author Pebisnis Online
bisnis yang menguntungkan gudang pakan ternak

Mencari peluang usaha makanan dengan modal kecil tahun 2016 buat kerja sampingan di rumah tanpa modal yang besar memang bukanlah hal yang mudah saat ini, terlebih jika kita tidak memiliki pengalaman menjalankan usaha rumahan yang menguntungkan sebelumnya. Banyak sekali peluang usaha bisnis rumahan dengan modal kecil yang ditawarkan secara online tidak saja semakin membuat bingung para pemula. Karena biasanya penawaran bisnis online dengan modal kecil tersebut semuanya menguntungkan dan menjanjikan, namun belum tentu ide bisnis online yang ditawarkan bisa ditiru oleh para pemula hingga bisa sukses.

Jika Anda, sekarang dalam posisi kebingungan mau bisnis apa, maka saat ini kami ingin memberikan satu contoh peluang usaha sampingan di rumah dengan modal relatif kecil. Usaha kecil ini amat mudah dilakukan namun sangat menguntungkan karena pangsa pasar atau konsumennya tidak pernah berkurang bahkan cenderung mengalami pertumbuhan. Mari disimak kisah sukses bisnis yang menguntungkan di bawah ini.

Ferry Setiawan Limardiono Meraih Sukses Dengan Bisnis Pakan Ternak

Usaha jualan bermacam pakan ternak sudah dibangun oleh keluarga Ferry sejak tahun 1980-an. Awalnya bisnis ini dimulai dari kegemaran ayahnya menggeluti usaha peternakan, lalu coba membuka toko kecil dan akhirnya dipercaya menjadi agen besar yang melayani penjualan merata ke seluruh Indonesia.

Di tahun 2011, Ferry diberi kepercayaan melanjutkan bisnis pakan ternak yg menguntungkan tersebut. Dia memberikan sentuhan teknologi modern untuk usaha yang sebelumnya dilakukan secara tradisional. Yaitu melalui sistem komputerisasi untuk menangani manajemen keuangan dan membuat website www.sumberps.com sebagai toko onlinenya.

bisnis yang menguntungkan jadi pengecer pakan ternak
Kantor CV. Hanna Jaya Abadi Jakarta

Saat ini, sebagai agen pengecer skala besar pakan ternak wilayah Jakarta Timur, dia menyadari adanya pertumbuhan yang signifikan dengan makin banyaknya jumlah pengecer baru yg mendatangi tokonya. Secara keseluruhan, keuntungan bisnis yg diperoleh pada level pengecer mencapai 20 hingga 30%. Ini berarti, untuk tingkat bawah pun usaha jualan pakan ternak menjanjikan prospek cerah sekaligus menguntungkan. Menurutnya, hanya ada sebagian kecil pengecer yg mengalami kebangkrutan saat mejalankan usaha pakan ternak itu, penyebabnya rata-rata karena pelaku bisnis ini tidak mempunyai cara usaha yang baik sehingga tidak menguntungkan dan akhirnya bangkrut.

Ferry menerapkan cara khusus yg diberikan kepada para pengecer agar usaha mereka dapat bertahan dan sekaligus menguntungkan. Hal utama sebelum membuka bisnis toko pakan ternak, sebaiknya melakukan survei apakah di lokasi pengecer kecil memiiki kebutuhan pakan ternak yang cukup tinggi. Ini penting agar bisnis jualan pakan ternak tersebut memiliki sasaran yg tepat. Yang kedua, perlu diketahui pula kebutuhan konsumen secara spesifik. Artinya, jika mau jualan pakan kambing di wilayah yang mayoritas memelihara burung atau ikan, maka tentu hal itu kurang menguntungkan sebab stok pakan kambing menjadi percuma karena rendahnya permintaan konsumen.

bisnis yang menguntungkan pakan burung Kenari yang murah
Pakan Burung Kicau

Ketiga, buat para pengecer baru, sebaiknya melakukan pembelanjaan awal dengan modal maksimal lima juta rupiah saja. Tujuannya untuk menghindari kerugian bisnis karena kelebihan stok pakan ternak. Ini diajurkan karena kebanyakan pengecer baru yang ambisius, berbelanja dalam jumlah besar tapi akhirnya usaha mereka rugi sebab ada kelebihan stok yang tidak terjual. Cara membatasi stok ini berguna untuk mempelajari dulu kebutuhan konsumen di sekitar lokasi bisnis pengecer. Dan jika kondisi usaha mulai stabil dan menguntungkan, maka barulah memperbolehkan pengecer membeli dalam jumlah lebih besar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Semua jenis produk pakan ternak ada masa kedaluwarsa, biasanya selama satu bulan. Bila lebih dari 30 hari, maka kualitasnya menurun dan tidak menguntungkan. Perlu diperhatikan pula cara penyimpanan, jika tidak tepat, maka berpotensi menurunkan kualitas pakan tersebut. Cara menyimpan yang benar adalah dengan menumpangkan produk pakan ternak di atas kayu terlebih dahulu agar tidak langsung menyentuh lantai yang lembab. Disamping itu, membiarkan pakan berada dalam wadah yg terbuka dan langsung kena udara haruslah dihindari.

Dalam menjalankan bisnis agar menguntungkan, maka cara pengemasan dan pemberian merek menjadi hal yang utama dilihat oleh konsumen atau pemilik ternak. Sebab itu, pelaku bisnis harus bisa memberikan kemasan yg menarik untuk produk pakan yang akan dijual kepada konsumen. Tidak perlu segan memberikan merek produk di kemasan tsb. Dan berikan pilihan kepada konsumen seperti misanya dikemas dalam satuan setengah atau satu kg.

bisnis yang menguntungkan gudang pakan ternak
Gudang Penyimpanan

Dalam menjalankan bisnis sebagai pengecer, maka harus dapat memastikan bahwa agen besar atau distributor tempat berbelanja menerima pengembalian produk atau retur jika barang tidak laku. Ferry sendiri memiliki kebijakan batas waktu retur selama 14 hari. Tapi bila cara penyimpanan produknya bagus, maka diberikan waktu hingga 30 hari.

Selain jual pakan ternak sebagai bisnis utama maka agar lebih menguntungkan, para pengecer juga menjual produk pendamping lainnya yang masih berhubungan. Seperti misalnya, pengecer pakan ternak juga menawarkan kandang burung serta pernak pernik aksesorinya, atau bahkan bisa pula menjual burung kicau sekalian. Jualan produk sampingan tersebut sangat menguntungkan karena banyak pengecer Ferry yang mengaku mendapat untung besar dari hasil jualan produk sampingan seperti itu.

Yang perlu dilakukan saat menjalankan bisnis pakan ternak ini adalah jangan pernah memberlakukan cara utang dan bayar kemudian kepada para pelanggan. Sebab sebagian besar, para pengecer yang menjalankan cara seperti ini, gulung tikar bisnisnya dan tidak menguntungkan karena uang mereka menjadi macet di tangan konsumen. Jadi agar menguntungkan, lakukan bisnis dengan cara beli putus seperti layaknya jual beli bisnis umum lainnnya.

Ketika, jumlah pembelian dan penjualan semakin meningkat, maka para pengecer bisa naik status menjadi agen atau distributor. Dimana, keuntungan berbisnis rumahan ini ialah bisa mendapatkan harga khusus yang jauh lebih murah dan menguntungkan karena bisa berhubungan langsung dengan produsen besar pakan ternak. [sumber foto: www.sumberps.com].