Mental Seorang Pengusaha – Cara Memulai Bisnis Rumahan Bagian 2

Author Pebisnis Online

Setelah di bagian pertama yang membahas tentang cara memulai bisnis rumahan dimana ada beberapa pertanyaan mendasar yang harus dijawab oleh para pemula saat ingin menjalankan sebuah bisnis di rumah maka kali ini kami akan melanjutkan bagian kedua dari materi tentang peluang usaha di rumah. Yuk, segera kita mulai saja pembahasannya.

Mental Seorang Pengusaha Bisnis Sampingan

Meskipun seorang pemula pada awalnya hanya ingin memakai waktunya yang luang di rumah dan mencoba mengisinya dengan melakukan usaha sampingan yang dapat menghasilkan uang tambahan guna mencukupi kebutuhan rumah tangga namun tetaplah apa yang mereka lakukan haruslah memiliki mental pengusaha yang baik. Ada sifat dan sikap tertentu yang membuat beberapa orang lebih cocok untuk menjalankan usaha kecil dengan sebuah keberhasilan menghasilkan uang dibandingkan dengan orang lain .

Dalam satu penelitian di negara-negara maju, ada beberapa elemen dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menjadi seorang pengusaha sukses dengan bisnis kecilnya yaitu ketekunan , membuat inisiatif, siap bersaing, kemandirian, kegigihan, kepercayaan diri, dan kesehatan fisik yang baik. Ke tujuh elemen tersebut saling berkaitan dan akan membentuk sebuah karakter atau mental menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Ketekunan. Tak ada sesuatupun di dunia ini yang bisa Anda capai bila tidak ada ketekunan, contoh paling mudah adalah murid yang tekun belajar pasti akan mampu lolos atau naik kelas atau lulus ujian. Begitu pula di dunia bisnis, jika ingin sukses maka belajarlah untuk tekun menjalankan bisnis kecil Anda.

Inisiatif. Semua yang berawal dari impian dapat diwujudkan dalam kenyataan jika Anda mulai mengambil inisiatif atau melakukan tindakan seperlunya untuk mewujudkan impian. Tak ada inisiatif maka tetap saja impian hanyalah sebuah tujuan indah yang hanya ada di pikiran. Takkan pernah sebuah impian menjadi kenyataan bila tak ada inisiatif melakukan usaha yang kongkrit.

Berani Bersaing. Mental seorang pengusaha dari awal yang harus dimiliki adalah siap menghadapi persaingan. Persaingan adalah napas seorang pengusaha, dia setiap hari menghirup oksigen persaingan dan hanya yang mampu bertahan dalam persaingan saja yang akan menuai kesuksesan di kemudian hari.

Mental Seorang Pengusaha - Cara Memulai Bisnis Rumahan Bagian 2Mandiri. Berusahalah semaksimal mungkin untuk memenuhi keperluan bisnis rumahan Anda secara mandiri. Tidak berharap terhadap uluran tangan orang lain yang akan membantu dengan cuma-cuma, tapi mengusahakan semaksimal mungkin agar bisnis berjalan dengan kemampuan sendiri. Ini penting untuk memupuk sifat pantang menyerah dalam diri seorang pengusaha rumahan.
Gigih. Bisa juga diartikan dengan kata ulet, dengan pengertian tak pernah cepat putus asa ketika ada tantangan menghalangi jalan kesuksesan. Dalam kondisi apapun, seorang pengusaha harus memiliki mental pantang menyerah dan tetap berusaha mencoba peluang bisnis, sekecil apapun peluang tersebut, akan dicoba untuk dikerjakan.

Percaya Diri. Tanpa mental yang percaya terhadap kemampuan diri sendiri maka mustahil seorang pemula akan menemukan kesuksesan. Dalam kaitan ini, pemula akan berusaha meningkatkan keahliannya dalam menjalankan bisnis melalui pembelajaran yang tak pernah berhenti dan tidak merasa cepat puas terhadap apa yang sudah dicapai. Haus akan pencapaian tujuan bisnis yang lebih tinggi lagi.

Kesehatan Fisik. Bukan berarti seorang yang memiliki kekurangan fisik tak dapat berbisnis, tapi lebih kepada pengertian bahwa perlunya menjaga kesehatan badan agar dapat mampu menjalankan bisnisnya. Dengan memiliki fisik sehat maka Anda akan mampu berkarya setiap saat untuk mencapai impian. Oleh karena itu, menjaga kesehatan adalah salah satu sifat seorang pengusaha.

Demikian bagian kedua bahasan mengenai cara memulai bisnis rumahan dan untuk selanjutnya kami akan membicarakan bagian ketiganya [bersambung].

One Response to Mental Seorang Pengusaha – Cara Memulai Bisnis Rumahan Bagian 2