Memulai Bisnis Online Yang Benar Janganlah Gegabah

Author Pebisnis Online
Memulai Usaha Baru

Saat ini, banyak sekali orang berlomba-lomba untuk memulai bisnis online dan usaha di internet yang paling diminati adalah jualan baju. Mereka lalu mencari informasi bagaimana, katakan saja, cara menjalankan usaha jualan baju. Syukur-syukur informasi yang didapatkan sangat tepat sehingga modal kecil yang dimiliki pun dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, namun tidak sedikit yang bingung mau usaha apa? Sebenarnya, ada berapa banyak para pemula yang memulai bisnis online dan kemudian gagal mendapatkan keuntungan seperti yang diharapkan bahkan justru malah modal mereka habis oleh sebab salah dalam merencanakan bisnis. Pada kesempatan saat ini, kami ingin berbagai fakta penting yang harus diketahui dan dipahami oleh pemula yang ingin menekuni bisnis online terutama dalam hal berjualan barang atau produk di internet.

cara memulai bisnis online buat pemula

Persiapan Penting Saat Ingin Memulai Bisnis Online Yang Perlu Diketahui

Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui saat ingin memulai bisnis online dengan menjual produk atau barang di internet, antara lain:

  • Produk yang ingin dijual secara online, apakah ada yang mencari? Atau kalau kira-kira saya mau jualan, katakan saja jual arloji atau jam dinding, apakah ada orang yang mau beli? Pemilihan produk yang mau dijual adalah hal penting utama yang harus dipikirkan sejak awal karena jika salah memilih produk maka bukan saja Anda akan kehilangan waktu tapi modal pun bisa hilang alias hangus karena sudah terlanjur membeli barang yang mau dijual lagi di internet. Solusinya adalah pilihlah barang yang unik, misal saja mau jual jam tangan atau jam dinding maka carilah produk tersebut dengan keunikan tertentu dimana barang yang mau dijual tersebut sangat sulit ditemukan orang di toko biasa. Lebih afdol lagi jika kita memiliki daya kreativitas memadai sehingga bisa memproduksi jam tangan atau jam dinding yang unik dan tak ada di toko-toko biasa. Keunikan produk, makin unik dan sulit dicari di tempat umum, maka bisa menjadi pintu masuk menuju bisnis online yang sukses.
  • Okay, katakanlah produk unik sudah ada, sekarang bagaimana cara menjualnya di internet? Untuk menjawab pertanyaan ini maka yang harus dilakukan adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang bagaimana memulai bisnis online dengan menjual barang di internet. Cari informasi yang benar, jangan asal ikut-ikutan saja, lebih baik lagi kalau Anda mau belajar dari seseorang yang sudah berhasil menggeluti bisnis online dan sukses dengan hasil memuaskan. Cara seperti ini memang butuh modal karena tak mungkin ada orang mau mengajari orang lain tanpa pamrih tertentu, bukan? Tapi meskipun keluar uang, paling tidak Anda akan ada yang mengarahkan dan  memonitor apakah langkah-langkah kita sudah benar daripada hanya belajar sendiri atau coba-coba mengikuti cara orang lain yang belum tentu itu sudah terbukti sukses. Ingat, bahwa banyak sekali informasi di internet yang menawarkan jasa mentoring membuat toko online, tapi tidak semuanya akurat atau benar. Jadi berhati-hatilah memilih guru buat mengajari Anda memulai bisnis online.
  • Orang dengan watak tidak sabar, tidak cocok menekuni bisnis di internet. Apakah Anda termasuk orang yang tidak sabar? Jika jawabnya YA, maka sebaiknya janganlah menghabiskan waktu untuk belajar bisnis online sebab hasilnya akan NOL BESAR! Menjalankan bisnis di internet hampir sama cara kerjanya dengan menjalankan bisnis dalam kehidupan sehari-hari atau bisnis konvesional. Jangan punya anggapan (atau pikiran) bahwa bisnis online itu mudah, tinggal pilih produk yang mau di jual lalu menawarkannya melalui toko online gratisan dan orderpun akan datang dengan sendirinya, maka itu adalah sebuah pikiran yang SALAH BESAR. Setiap pemula, kalau mau sukses memulai bisnis online, maka harus punya PASSION (hasrat atau keinginan) tinggi menjalankan bisnis tersebut. Disinilah letak bedanya jiwa pengusaha dan jiwa karyawan. Cara berpikir pengusaha berbeda 180 derajat jika dibandingkan dengan orang yang bermental karyawan. Untuk lebih jelasnya, silahkan membaca Perbedaan Pengusaha dan Karyawan. Pengusaha memiliki ketekunan saat memulai menjalankan bisnis mereka, seorang pekerja keras, memiliki motivasi kuat untuk mencapai keberhasilan dan selalu pantang menyerah. Jadi, jika Anda memiliki nilai-nilai jiwa seorang entrepreneur seperti ini maka lanjutkan belajar berbisnisnya, karena kemungkinan keberhasilan suatu saat kelak terbuka lebar. Meskipun jiwa bisnis, kata orang adalah pemberian Tuhan, tapi siapapun dapat menjadi seorang pebisnis sukses jika dia mau belajar menjadi seorang pebisnis.
  • Persiapkan modal untuk bisnis online, paling tidak harus ada uang yang perlu dikeluarkan saat ingin memulai bisnis online. Contoh mudahnya adalah harus modal pulsa data karena tak mungkin bisa menyambung atau akses ke internet jika tak punya koneksi internet. Komputer atau laptop adalah perangkat lain yang juga harus dimiliki tapi ini sifatnya tentatif atau jika diperlukan saja, kalau tak punya cukup modal untuk beli laptop atau PC maka memanfaatkan warnet dengan tarif biasanya 2.000 – 4.000 rupiah per jam maka kita sudah bisa mulai belajar bisnis online di tempat persewaan warnet. Untuk selanjutnya, jika mau jualan barang (produk) secara online maka belajarlah dan kuasai jenis bisnis afiliasi atau reseller karena kedua jenis bisnis tersebut sangat kecil modalnya atau bahkan mungkin tak perlu keluarkan modal sama sekali. Jenis bisnis online yang juga tak butuh modal besar adalah belajar membuat website pribadi atau blog dimana jika blog tersebut mampu mendatangkan banyak pembaca maka bisa dikonversikan menjadi uang dengan jalan ikut program periklanan atau paid review dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi penting seputar bagaimana cara memulai bisnis online di internet. Mulailah belajar mencari uang lewat internet karena bisnis di internet adalah salah satu jenis peluang bisnis sampingan tanpa modal besar yang memiliki prospek terbaik di abad ini. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis online!