Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Untuk Kerja Sampingan

Author Pebisnis Online
peluang bisnis untuk ibu rumah tangga - usaha gorengan

Memasuki 2016 ini adalah awal yang baik untuk memulai sebuah bisnis online tanpa biaya atau kerja sampingan di rumah tanpa modal yang cocok buat ibu rumah tangga sebagai sebuah upaya untuk mencari atau menambah penghasilan. Ketika mencari lowongan pekerjaan sampingan sudah semakin sulit saat ini dan kebutuhan mencukupi kebutuhan sehari-hari mengharuskan pengeluaran yang semakin meningkat maka salah satu usaha rumahan ibu rumah tangga yang perlu dilakukan adalah dengan cari tambahan penghasilan sebagai alternatif lain.

Memulai dan memiliki bisnis sendiri sebagai kerja sampingan di rumah pada beberapa tahun belakangan ini telah menjadi trend yang banyak dicoba dan dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan uang demi menopang kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Karyawan, PNS, wanita karir, mahasiswa, siswa sekolah bahkan ibu rumah tangga pun seolah berlomba dengan semangat tinggi untuk mencari dan mendapatkan bisnis sampingan di rumah seperti apa yang dapat dilakukan di waktu senggang.

Cara Memulai Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Sebagai Pekerjaan Sampingan

Memiliki usaha sendiri atau istilahnya menjadi seorang pengusaha rumahan, sangatlah berbeda dengan seorang karyawan. Walaupun bisnis di rumah yang digeluti masih bermodal kecil, namun cara kerja seorang pengusaha, sekecil apapun modalnya, sangatlah beda dengan kerja yang dilakukan seorang karyawan. Jika para ibu rumah tangga ingin memulai usaha kecil sendiri untuk kerja sampingan maka perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Pengaturan Waktu. Sebagai seorang ibu rumah tangga maka kewajiban utamanya adalah mengatur rumah tangga. Namun ketika seorang ibu ingin menjalankan bisnis sampingan di rumah bukanlah hal yang terlarang untuk dilakukan karena tujuan berbisnis rumahan tersebut adalah untuk mencukupi kebutuhan hidup karena memang tuntutan ekonomi yang semakin besar. Membagi waktu antara mengatur rumah tangga dan menjalankan bisnis kecil (kerja sampingan) haruslah dilakukan dengan baik agar tidak terjadi kekacauan saat menjalankan usaha kecil di rumah itu dengan pengaturan urusan keluarga sehari-hari.
  • Mulai Dengan Modal Yang Kecil. Walau mungkin jenis pekerjaan sampingan yg cocok akan membutuhkan modal besar namun sebaiknya tidak memakai semua modal yang dimiliki untuk dipakai dalam bisnisnya. Sangat bijaksana jika memakai modal yang kecil lebih dulu saat memulai berbisnis, tujuannya untuk melihat sampai sejauh mana dari modal kecil tersebut dapat memberi keuntungan setelah bisnisnya dijalankan. Jika terlihat menguntungkan, maka secara bertahap dapat menambah modal agar keuntungan pun bisa menjadi besar pula. Biasanya dalam jangka 6 bulan sampai 1 tahun, baru bisa terlihat apakah perlu menambah modal bisnis ataukah tidak.
  • Berbisnis Dengan Hati. Jika para ibu rumah tangga ingin mendapatkan hasil dari usaha kecilnya maka mulailah mencari peluang usaha rumahan ibu rumah tangga yang sesuai dengan minat dan hobi, sebab segala sesuatu yang dilakukan dengan hati senang sangat besar pengaruhnya terhadap hasil atau keuntungannya. Contoh sederhana misalnya, jika memiliki minat di bidang tata boga maka bisnis kuliner adalah salah satu usaha sampingan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga, atau jika suka memperhatikan kesehatan tubuh atau peduli dengan perawatan badan maka berbisnis menjual alat-alat kecantikan (kosmetik) adalah sebuah bisnis menguntungkan untuk dilakukan sebagai pekerjaan sampingan.
  • Sabar. Tak ada sebuah bisnis pun di dunia ini yang langsung bisa cepat menghasilkan uang dengan cepat dan rutin, oleh sebab itu perlu kesabaran dan ketekunan untuk tetap menjalankan usaha rumahan agar bisa menjadi sukses dan menguntungkan. Ada proses waktu yang harus dilalui dan itu bisa berjalan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sehingga usaha sampingannya bisa berkembang dan maju. Hanya seorang yang pantang menyerah saja dapat melihat kesuksesan di masa depan. Sudah siapkah Anda menjalani proses waktu sedemikian panjang tersebut?

Jenis Peluang Usaha Rumahan Yang Cocok Dikerjakan Untuk Sampingan Oleh Para Ibu di Rumah Tangga Masing-masing

Salah satu kesuksesan sebuah usaha rumahan adalah kemampuan menangkap peluang yang ada di sekitar lingkungan RT kita. Memang tidak mudah untuk menemukan peluang tersebut, namun kunci untuk menemukannya tidaklah terlalu sulit yaitu kejelian adanya pasar permintaan. Jika terdapat permintaan terhadap suatu layanan jasa atau sebuah produk maka itu adalah sebuah peluang bisnis yang menguntungkan. Peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang ada di sekitar kita pun akan beragam dan tak sama satu dengan yang lainnya, tergantung dari lokasi dan jumlah pengusaha rumahan yang sudah menjalankannya lebih dulu. Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha rumahan yang cocok untuk dikerjakan oleh seorang ibu di rumah.

  1. Buka Usaha Warung Kopi. Dengan modal 2 – 3 jutaan, maka sebuah warung kopi sederhana sudah dapat dibuka di rumah. Keuntungan warung kopi cukup besar karena bisa mencapai 100% dari modal awal. Akan sangat menguntungkan membuka usaha warung kopi yang memiliki lingkungan berdekatan dengan tempat keramaian seperti kantor, sekolah atau tempat umum lainnya. Seorang teman saya memiliki usaha warung kopi door to door di daerah perumahan, dimana dia menerima layanan pesan dan antar melalui SMS dan telepon para tetangga se-RT bahkan RW. Usaha kecil-kecilannya itupun lambat laun berjalan dengan lancar dan sekarang juga melayani pula pemesanan mie instan yang siap diantar ke pemesannya yaitu para tetangganya.
  2. peluang usaha rumahan ibu rumah tanggaBuka Warung Gorengan di Rumah. Modal untuk usaha rumahan seperti inipun juga tidak besar, antara 1 – 2 juta sudah dapat membuat usaha gorengan sendiri. Kerjanya pun tidak berat, apalagi jika yang melakukannya adalah ibu yang memiliki hobi membuat kue atau hobi memasak. Saya yakin, usaha gorengan seperti tahu, mendoan, sukun, pisang goreng dan lainnya memiliki prospek bisnis yang menguntungkan jika dikelola dengan serius dan sabar. Kunci sukses bisnis gorengan seperti ini adalah terletak pada rasa dan kebersihan produk yang dijual. Jika pembeli merasa puas dengan maka bukan tak mungkin usaha ini akan tetap dapat menopang kebutuhan hidup sehari-hari.
  3. Bisnis Waralaba Rumahan Modal Kecil. Saat ini makin banyak bisnis waralaba dengan modal kecil antara 5 – 10 juta. Jika ibu rumah tangga memiliki modal sebesar itu maka bisa mencoba jenis usaha rumahan ibu RT dengan cara kemitraan itu. Contoh untuk bisnis waralaba modal kecil itu antara lain waralaba es teler, waralaba teh poci, waralaba bakso dan lain sebagainya. Biasanya bisnis waralaba ini akan semakin menguntungkan jika berani untuk membuka usaha di mall atau tempat perbelanjaan yang ramai, untuk pemilihan tempat seperti itu harus mengeluarkan uang lagi untuk sewa tempatnya.
  4. Ibu Tangga pun Bisa Menjadi Agen Kiriman Paket. Syarat utama jika ingin memiliki bisnis di rumah seperti ini adalah seperangkat komputer, printer, timbangan dan sambungan internet. Modal yang harus disiapkan untuk menjadi agen kiriman paket seperti menjadi mitra agen Kantor Pos tidaklah besar, berkisar antara 5 – 7 juta dan harus memiliki NPWP yang sangat mudah untuk mengurusnya di Dinas Perpajakan setempat. Bisnis ini akan sangat menguntungkan jika dijalankan di daerah yang jaraknya jauh dari kantor pos atau jasa ekspedisi lainnya.

Itulah beberapa jenis peluang usaha makanan dengan modal kecil untuk kerja sampingan di rumah. Dalam kenyataannya, contoh peluang usaha kecil bisa sangat beragam dan berbeda satu dengan lainnya. Namun yang paling utama jika ingin berusaha mencari bisnis baru untuk ibu rumah tangga adalah kemampuan menangkap peluang usaha bisnis rumahan dengan modal kecil apapun jenisnya dan dikonversikan menjadi sebuah usaha yang dapat menghasilkan uang.

2 Responses to Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga Untuk Kerja Sampingan

  1. […] bagaimana cara mencari uang lewat internet? Berikut ini, kami ingin berbagi wawasan tentang cara bisnis tanpa modal besar untuk ibu rumah tangga, walau mungkin tidak lengkap namun mudah-mudahan berguna buat para pengunjung yg sempat mampir di […]