Kerja Sambilan di Rumah, Yuk!

Author Pebisnis Online

Saat ini banyak sekali orang sangat antusias dan berminat cari kerja sampingan tanpa modal buat di rumah. Mahasiswa, pelajar, ibu rumah tangga, karyawan, buruh pabrik, dan jenis profesi lain juga sedang berusaha mencari lowongan kerja sampingan untuk mendapatkan uang. Mengisi waktu senggang mereka dan digunakan buat cari tambahan penghasilan dari rumah adalah suatu hal yang bagus.

Alasan seperti gaji bulanan kurang, ingin mencari ide usaha rumahan yang menguntungkan sebagai sambilan atau ingin mewujudkan mimpi adalah beberapa sebab semakin banyaknya orang berusaha menghasilkan uang dari sebuah peluang usaha sampingan modal kecil yang ada.

Namun, pertanyaan besarnya adalah jenis bisnis apa yang bagus dan bisa untuk kerja part time di rumah? Inilah ulasan bisnis kami mengenai hal tersebut.

kerja sambilan di rumah - cara mencari peluang untuk karyawan & pemula

Memilih Jenis Kerja Sambilan di Rumah Yang Terbaik

Seperti diketahui bahwa di dunia ini ada banyak sekali jenis bisnis yang dapat ditekuni oleh setiap orang. Namun, secara garis besar hanya ada 2 jenis (golongan) bisnis yg ada saat ini yaitu bisnis offline dan bisnis online. Arti offline sama dengan usaha nyata, sedangkan online adalah jenis usaha lewat internet. Mana yang terbaik untuk dipilih, offline atau online? Itu semua tergantung pada banyak faktor.

[Silahkan baca: Cara Memulai Bisnis Online Khusus Buat Pemula]

Untuk menekuni sebuah usaha, entah itu offline atau online, maka seseorang harus memiliki karakter atau jiwa seorang pengusaha, sekecil apapun kerja sambilan di rumah yg ditekuninya. Memiliki jiwa wiraswasta bisa dipelajari atau memang sudah dimiliki sejak dari “sono”nya. Cara berpikir seorang pengusaha sangat berbeda dengan seorang karyawan.

Oleh karena itu, Anda harus belajar bagaimana menjadi seorang pengusaha sukses jika mau mencoba membuka bisnis modal kecil penghasilan besar di rumah. Tanpa adanya pengetahuan benar bagaimana menjalankan usaha kecil untung besar walau hanya dijalankan sebagai kerja sampingan dari rumah, maka akhirnya hanya akan membuahkan hasil mengecewakan.

[Baca pula: Perbedaan Cara Berpikir Karyawan Vs Pengusaha]

 

Tips Cari Uang Untuk Pemula

Jika ingin mencari uang tambahan untuk ditekuni sebagai kerja sambilan di rumah untuk mengisi waktu senggang, maka cobalah memperhatikan beberapa tips sederhana berikut ini:

–    Lakukan sesuai dengan minat Anda. Semua jenis pekerjaan jika dilakukan sesuai dengan minat (passion) maka hasilnya pasti lebih baik. Contoh mudah ialah jika Anda memiliki kecintaan terhadap hewan atau seseorang yang suka memelihara hewan maka menjalankan usaha peternakan, seperti beternak kucing ras, ternak kambing, ternak burung kicau adalah contoh peluang kerja di rumah yang bagus untuk dicoba. Selanjutnya, silahkan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang usaha tesebut, apakah memiliki pasar yang menjanjikan untuk jangka panjang atau tidak.

–    Modal adalah penting tapi bukan paling menentukan sebuah keberhasilan. Banyak ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa atau pelajar yang ingin menekuni sebuah kerja sambilan di rumah merasa ragu untuk memulainya karena terbentur masalah permodalan. Padahal untuk menjalankan sebuah bisnis, dengan memakai modal kecil sekali pun, sudah dapat dikerjakan. Artinya, Anda tak harus mengeluarkan modal besar tanpa mengetahui lebih dulu potensi bisnis tersebut untuk jangka panjang. Jangan jadikan modal sebagai alasan untuk tidak segera memulai usaha kecil Anda. Carilah pinjaman modal, misalnya meminjam ke orang lain, namun pastikan bahwa Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut dalam waktu yang tepat.

[Mungkin Anda ingin tahu tentang Cerita Sukses Usaha dengan Modal 100 Ribu]

–    Pilih jenis usaha sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan pokok Anda. Ini penting untuk digarisbawahi oleh siapa saja. Misalnya, jika seorang karyawan berencana menekuni sebuah peluang bisnis tanpa modal besar, maka sebaiknya dia harus memperhitungkan waktu saat mengerjakan usaha bisnis modal kecil tersebut. Jangan sampai karena terlalu asyik mengerjakan kerja sampingan dari rumah tersebut sehingga sampai lupa waktu dan bekerja sampai larut malam bahkan pagi hari sehingga menggangu tugas utama.

Intinya, usaha sambilan hanyalah sebuah kerja paruh waktu di rumah, jadi sebaiknya utamakan tugas utama Anda. Kecuali jika kerja sampingan dirumah tersebut sudah berkembang dan penghasilannya lebih besar dari gaji dari kantor, maka tak ada salahnya untuk memberikan perhatian lebih besar terhadap usaha itu. Faktanya, tidak sedikit karyawan keluar dari kantornya demi menekuni usaha kecil mereka dengan sepenuh waktu karena melihat peluang mengembangkan bisnis tersebut bagus di masa depan.

–    Kerja keras dan disiplin jangan dilupakan. Walau hanya sekedar usaha kecil, namun dilakukan tanpa disiplin dan tanpa kerja keras adalah sebuah kekeliruan besar. Karena jika demikian halnya maka lebih baik (sekalian saja) tak perlu mencari peluang usaha di rumah.

Memang tidak mudah menemukan sebuah kerja sampingan dari rumah yang cocok karena kepribadian tiap orang berbeda satu dengan lainnya, namun bukan berarti itu adalah sebuah pekerjaan yang tidak bisa dilakukan. Saya berharap, tulisan singkat tentang cara mencari usaha sambilan di rumah ini dapat memberikan gambaran buat para pembaca. Semoga berhasil!