Contoh Usaha Kecil Untung Besar

Author Pebisnis Online
bisnis keripik tempe

Contoh bisnis modal kecil ini adalah beberapa contoh buat siapa saja yang ingin mencari peluang bisnis yang bisa dikerjakan di rumah. Memiliki bisnis di rumah memang menguntungkan apalagi modal juga tdk besar. Selain bisa menambah penghasilan untuk ibu rumah tangga atau karyawan yang ingin mengisi waktu senggang sepulang kerja. Berikut adalah pebisnis kecil, meski modalnya tak besar saat memulai bisnis tapi mampu memberikan keuntungan lumayan besar hingga bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga mereka.

Contoh Usaha Modal Kecil Kreatif Dengan Membuat Miniatur Tanaman Hias Menjadi Bisnis Menguntungkan

Raden Nanda Teguh menjalankan bisnis miniatur tanaman hias yang diberi nama Little Gardenia karena dia pernah ikut pelatihan tanaman hias, terutama terrarium. Tahun 2013, dia mengadakan riset dan uji coba dengan cara membuat kreasi tanaman hias dalam wadah (terrarium). Bisnis kecil yang membutuhkan modal keahlian khusus ini mulai dikenal di Indonesia sejak 2004 tapi baru tahun 2010 mulai banyak orang mencoba bisnis kecil ini. Menurut Nanda, konsep dari contoh bisnis modal kecil ini ialah semakin mudah akses tanaman hias dalam rumah, otomatis kecintaan terhadap tanaman hias pun meningkat.

Terrarium - contoh usaha modal kecil untung besar 2015
Img: littlegardenia.com

Dengan modal awal hanya 100 ribu dari tabungannya untuk modal usaha yang dirasakan kurang maka dia membuat proposal kegiatan mahasiswa pada Dikti. Pengajuan proposalnya disetujui sehingga dia mendapat tambahan modal 4 juta rupiah. Dengan modal itu dipakai untuk membeli wadah dari bahan kaca, keramik dan tanaman hias. Awal tahun 2014, dia memasarkan kreasinya dan mendapatkan respon pasar sangat bagus. Selama sebulan, dia mampu membuat 1500 buah terrarium ukuran kecil, 200 terrarium ukuran sedang dan 100 terrarium ukuran besar dengan variasi harga mulai 40 ribu – 300 ribu per buah. Dalam 1 bulan, Nanda mendapatkan omzet 10 jutaan dengan keuntungan bersih contoh usaha modal kecilnya sebesar 60% atau sekitar 6 jutaan/bulan.

Untuk bisa bertahan dalam bisnis dengan modal kecil ini karena makin banyaknya pesaing, dia melakukan pemasaran melalui internet dan membuat kreasi yang unik terhadap produk yang dibuatnya. Dengan bekerja sama dengan petani penghasil tanaman hias khas Indonesia, Nanda berupaya bersaing dengan produsen terrarium yang mengimpor tanaman hias dari luar negeri. Menurutnya, kesuksesan dari bisnis kecil ini terletak pada model atau kreasi dan tak ditentukan oleh bahannnya karena usaha ini adalah usaha yang bersentuhan dengan dunia seni.

Sukini Dengan Modal Kecil, Sukses Mengembangkan Usaha Keripik Tempe

Sukini adalah seorang pebisnis yang 19 tahun lalu memulai usaha kecilnya dengan uang sebesar 10 ribu. Keripik pisang adalah bisnis yang pertama kali dijalaninya untuk memenuhi kebutuhan keluarga karena gaji suami tidak bisa mencukupi. Ibu rumah tangga yang lulus SMA ini, mulai bisnis keripik pisang dengan modal 10 ribu dan sempat beberapa tahun melakoninya walau untungnya tidak begitu besar. Sejak makin sulitnya mendapatkan bahan baku berupa pisang maka ia mulai beralih memproduksi keripik tempe yang dirasa lebih mudah mendapatkan bahan baku.

Pemilik merek usaha keripik tempe yang diberi nama Suka Nicky ini, memulai bisnis sejak tahun 1996 sampai sekarang dan telah mampu menopang kebutuhan sehari-hari keluarganya hanya dari hasil keripik tempe. Kesuksesan menjalani bisnis kecil di rumah tersebut tak lepas dari pembinaan dari Dinas Pertanian Banjarnegara yang memberikan pelatihan untuk memproduksi keripik tempe agar memiliki kualitas yang baik.

bisnis keripik tempe

Kunci sukses contoh usaha modal kecil ini supaya mendapatkan untung besar dan dapat bertahan menghadapi persaingan bisnis, menurut Sukini adalah menjaga kualitas produk dengan cara memperhatikan kebersihan selama proses produksi dan pemakaian bahan yang tepat. Untuk mencapai kualitas yang baik maka ibu rumah tangga yang sukses ini mengawasi secara seksama proses produksi yang dilakukan oleh karyawannya.

Ibu rumah tangga yang menerima penghargaan dalam Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPDN) dalam kelompok makanan ringan tahun 2014 ini,saat ini telah mampu memproduksi ratusan kilogram keripik tempe dalam sehari. Untuk masalah pemasaran, dia tidak mengalami kesulitan karena sudah banyak pelanggan yang mengambil sendiri ke rumahnya. Dengan modal harga jual keripik tempe antara 25 – 35 ribu per kilo maka bisa diketahui dengan cepat berapa keuntungan bersih dari bisnis kecilnya itu dalam sehari.

Dari contoh usaha modal kecil yang bisa dikerjakan oleh karyawan atau ibu rumah tangga itu, maka bisa diambil kesimpulan, seperti:

– Jika mau memulai sebuah usaha, maka modal bukanlah kendala besar jika ada kemauan keras untuk mencapai sebuah tujuan, misalnya mencukupi kebutuhan rumah tangga.
– Memiliki minat tertentu dan ditunjang dengan selalu mengasah keahlian untuk berkreasi adalah syarat mutlak untuk memenangkan persaingan dalam dunia bisnis.
– Dibutuhkan kerja keras dan kesabaran tinggi supaya bisa mencapai kesuksesan seperti yang diharapkan adalah sikap seorang pebisnis sejati yang harus dimiliki jika mau terjun dalam dunia bisnis.

Semoga ulasan contoh usaha modal kecil ini memberikan manfaat untuk pembaca sekalian.