Contoh Usaha Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga

Author Pebisnis Online

Contoh usaha kecil untuk ibu rumah tangga yg akan kami sajikan dalam artikel tentang bisnis di rumah atau kerja sampingan buat ibu rumah tangga berikut ini merupakan rangkaian kisah atau cerita sukses para pebisnis rumahan.

Dewasa ini, memulai sebuah usaha sendiri di rumah bukan merupakan hal baru lagi di kalangan ibu rumah tangga, karyawan, wanita karir, mahasiswa bahkan para siswa sekolah menengah pun banyak yang sudah belajar untuk memulai berbisnis walau mungkin modalnya masih kecil.

Perkembangan atau pertumbuhan usaha kecil menengah di Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan dari tahun ke tahun, hal tersebut ditandai dengan semakin banyaknya produk-produk baru yang dipasarkan. Seperti contoh misalnya bisnis waralaba modal kecil produk asli Indonesia telah mengalami kemajuan setiap tahunnya terutama untuk produk-produk makanan kecil yang biasanya diwaralabakan.

Contoh Usaha Kecil Untuk Ibu Rumah Tangga – Sukses Berbisnis Karena Hobi

Cerita sukses ibu rumah tangga dengan bisnis rumahannya di bawah ini semoga dapat memberikan inspirasi buat para pembaca yang ingin mencari ide bisnis rumahan. Dan inilah kisah sukses 2 pengusaha rumahan tersebut.

label baru rumah nugget contoh usaha kecil untuk ibu rumah tangga

Rizky Elsany adalah seorang ibu rumah tangga yang telah berhasil merintis dan menjalankan usaha kecil di bidang makanan. Ibu rumah tangga dengan usia 33 tahun ini memiliki bisnis nugget ikan sebagai usaha sampingannya di rumah. Pemilihan jenis nugget ikan tersebut bukan dilakukan tanpa perhitungan namun telah dipertimbangkan dengan matang usaha nugget berbahan dasar ikan. Ibu rumah tangga ini awalnya bukanlah seorang pengusaha rumahan karena sebelumnya pernah mengajar sebagai guru bahasa Inggris di sebuah sekolah play grup Lembaga Kids 2 Succes dan Gymboree.

Dengan modal awal kurang dari 1 juta, Rizky Elsany telah bereksperimen untuk membuat nugget dari ikan dimana selama ini biasanya bahan nugget adalah ayam. Berbagai percobaan telah dilakukannya untuk menciptakan resep nugget ikan yang spesial. Menurutnya, nugget ikan adalah sebuah produk baru yang belum banyak dikenal oleh masyarakat namun memiliki prospek bagus karena nugget merupakan salah satu makanan yang digemari oleh anak-anak.

Bisnis nuggetnya kini telah berusia lebih dari 2 tahun, telah memiliki sertifikasi halal dari Disperindag & UKM Bekasi. Untuk pemasarannya, ibu rumah tangga ini biasanya memanfaatkaan internet sebagai sarananya seperti lewat Facebook, Twitter dan website serta BBM. Jangkauan pasarnya mulai dari Jawa, Sumatera, dan sebagian Sulawesi. Untuk saat ini, Rizky Elsany fokus mengembangkan bisnis nuggetnya di rumah karena selain dapat memberikan lowongan kerja buat ibu rumah tangga di sekitar rumahnya karena telah direkrut sebagai karyawan bagian produksi, bisnis rumahannya ini telah memberikan pemasukan lumayan dan membantu meningkatkan tingkat ekonomi rumah tangganya.

Claudia Syanny Latif, 42 tahun, adalah pengusaha rumahan yang memiliki usaha sendiri di rumah dengan membikin usaha camilan. Usaha makanan kecil berupa camilan bukanlah sembarang camilan karena Claudia membikin camilan tanpa bahan pengawet sama sekali. Pemilihan jenis makanan camilan tanpa pengawet didasarkan kepada kenyataan bahwa dewasa ini makin banyak makanan tidak sehat bahkan sangat berbahaya untuk kesehatan konsumen karena telah dicampur dengan bahan kimia berbahaya. Oleh sebab itu, Claudia Syanny Latif telah melakukan percobaan berbulan-bulan untuk menemukan sebuah resep camilan tanpa pengawet yang bisa tahan sampai 6 bulan lamanya.

Claudia Syanny Latif akhirnya berhasil membuat camilan yang bisa tahan berbulan-bulan dan sangat aman untuk kesehatan karena tidak memakai bahan pengawet sekalipun. Produknya adalah Marguerite Nougat yang telah dirintis sejak tahun 2008 dan sekarang berhasil memperoleh keuntungan berkisar 20 jutaan perbulan dan bisa tembus 50 juta jika pada saat mendekati hari-hari besar keagamaan, sebuah penghasilan lumayan untuk seorang ibu rumah tangga mengingat latar belakang pendidikannya tidak ada sama sekali hubungannya dengan bisnis makanan.

Dengan jumlah karyawan sekitar 7 orang, saat ini bisnis Marguerite Nougatnya telah digemari di Indonesia dan bahkan sampai ke Singapura. Di tahun-tahun mendatang, ibu rumah tangga ini akan mengembangkan bisnisnya dengan mencoba membuka gerai atau toko makanan karena selama ini pemasaran yang dilakukannya hanya melalui media online.

Dari kedua cerita sukses ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis sampingannya di rumah tersebut, dapatlah diambil sebuah kesimpulan bahwa ide, hobi dan kerja keras adalah kunci sebuah bisnis rumahan yang menguntungkan sekaligus menghasilkan. Sebenarnya masih banyak contoh usaha kecil untuk ibu rumah tangga yang telah meraih sukses dan kami akan memberikan artikel menarik lain seputar usaha modal kecil di kesempatan mendatang, terima kasih.