Cara Riset Keyword

Author Pebisnis Online

Cara Riset Keyword – Semuanya berawal dari kata atau kalimat yang diketik orang di kotak pencarian…

Keyword research atau riset kata kunci (keyword) adalah satu kegiatan teramat penting, sangat berharga dan memiliki nilai tertinggi dalam kegiatan pemasaran di internet. Cara meriset sebuah keyword yang tepat berpengaruh terhadap kemajuan suatu website. Begitu juga sebaliknya, ketika Anda salah dalam menentukan cara meriset satu keyword, maka dijamin website itu akan sangat jarang dilihat (dikunjungi) orang atau calon pembeli. Kesalahan meriset keyword tak hanya dialami oleh para pemula saja, bahkan orang yang sudah lama memiliki satu website/blog terkadang masih bingung bagaimana menentukan satu keyword andalan.

Oh ya, sebelum menulis lebih jauh, saya ingin sedikit menjelaskan bahwa menentukan keyword yang tepat dan menguntungkan berhubungan dengan trafik atau jumlah kunjungan ke sebuah blog/website. Jadi ketika Anda memiliki satu website maka masalah pertama sudah selesai yaitu berhasil membuat online web itu. Namun masalah lain timbul, karena sudah berbulan-bulan tak ada visitor atau pengunjung sama sekali yang melihat web Anda tersebut! Punya website tapi tak ada pengunjung, wah ini sama saja bohong! Dan kesalahan fatal seperti ini biasanya bersumber pada “tidak pernah melakukan riset apapun”, sehingga asal saja. Asal sudah punya website, selesai! Padahal ada hal lain dalam membangun sebuah website (toko online) yaitu keyword itu sendiri.

Ingat, bahwa kunjungan atau trafik adalah sangat penting buat pemilik website apapun peruntukannya. Mau jualan online atau bikin blog atau lainnya, maka pengunjung adalah sangat penting dan ini tak bisa ditawar lagi! Oleh karena mendatangkan pengunjung bisa dengan beberapa cara misalnya seperti mempromosikan toko online Anda lewat media sosial, memasang iklan atau dengan cara belajar SEO (Search Engine Optimization). Maka, menurut saya cara paling murah (meskipun ini tidak mudah) adalah sedikit demi sedikit belajar tentang SEO karena cara meriset keyword adalah bagian dari SEO itu sendiri. Mudah-mudahan, pembaca tidak bingung dengan penjelasan ini.

Baca juga: Memulai Belajar SEO

Riset kata kunci (keywords) merupakan cara mengetahui frasa yang digunakan orang di mesin pencari ketika mereka mencari informasi lewat internet. Biasanya cara tersebut menghasilkan jumlah pencarian keywords dalam kurun waktu tertentu dan bagaimana tingkat persaingan sebuah frasa keyword (kata kunci) tersebut

Sulitkah Meriset Sebuah Keyword?

Jawabannya ada 2, pertama cara melakukan keywords riset akan sangat sulit jika tidak tahu caranya. Kedua, bersyukurlah kita karena saat ini telah tersedia banyak sekali alat (tool) gratis yang bisa dipakai untuk melakukan keyword riset dengan sangat mudah.

Dahulu, para pebisnis online baik pemula maupun para webmaster senior sangat mengandalkan Google Keyword Tool (GKT) untuk melakukan riseting keyword. Tool dari Google ini sangat diminati karena memiliki kelebihan seperti berapa jumlah rata-rata orang mengetikkan keyword tertentu, tingkat persaingan keyword tersebut dan nilai komersial jika memasang iklan Adwords. Namun, sekarang para webmaster sudah sangat jarang yang memakai GKT karena sudah tidak gratis lagi.

Namun, khusus untuk pemula jangan berkecil hati dulu karena sudah tidak bisa memakai tool GKT itu, sebab di luar sana masih banyak tool keyword riset yang bisa dicoba. Salah satu contohnya adalah tool keyword riset milik Wordze.com. Saya sekarang juga suka memakai tool ini karena disamping bisa dipakai buat cari keywords dengan hasil yang sama seperti tool GKT, Wordze memberikan layanan ini gratis buat siapa saja. Cara pemakaiannya pun mudah dengan pilihan hasil pencarian keyword dengan bermacam bahasa, termasuk Indonesia. Jadi tunggu apalagi? Silahkan coba tool untuk mencari keyword itu.

keyword riset tool gratis untuk pemula