Cara Memulai Bisnis Fashion Online

Author Pebisnis Online
Cara Memulai Bisnis Untuk Pemula

Cara Berbisnis Melalui Internet

Jika Anda ingin memulai bisnis online tanpa modal atau berjualan produk tertentu seperti produk elektronik, makanan, fashion dan juga yang lainnya maka pertama kali yang perlu dilakukan adalah membuat suatu rencana bisnis secara matang. Mencari penghasilan di internet tak ubahnya seperti berjualan sehari-hari, harus ada persiapan dan rencana kerja yang baik.

Beberapa pebisnis online yang telah sukses melakukan usahanya secara online berpendapat bahwa sebaiknya sebuah rencana bisnis tak perlu terdiri dari tumpukan kertas yang dijilid rapi menjadi satu kesatuan seperti sebuah buku dimana berisi bermacam patokan saat menjalankan usaha. Kecuali bila diperlukan untuk menarik para investor agar mendukung dalam hal pendanaan maka sebuah proposal bisnis memang harus dibuat untuk kepentingan negosiasi.

Menurut mereka yang terpenting adalah adanya Ide (gagasan pikiran) yang dijadikan patokan saat menjalankan bisnis, apapun jenis produk yang dijualnya secara online. Dan salah satu bagian dari ide itu adalah para calon pengusaha online tersebut harus mengetahui dan memahami terlebih dulu tentang apa yang ingin dijual di toko onlinenya. Menemukan ide untuk produk yang mau dijual itupun bukan hal yang mudah karena yang termasuk di dalamnya adalah hal-hal seperti cara pemasaran, pengadaan barang, cara pengiriman bila ada order, layanan pelanggan dan lain-lain termasuk resiko yang dihadapi bila ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana bisnis.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara memulai bisnis fashion online dapat dilihat dalam panduan sederhana berkut ini:

Cara Memulai Bisnis Fashion OnlineVisi. Anda harus memiliki sebuah visi ketika ingin menjalankan sebuah bisnis secara online seperti berjualan produk fashion. Visi sama dengan tujuan atau rencana besar tentang usaha yang ingin dijalankan. Setelah memiliki visi yang jelas maka baru dapat membuat rencana-rencana taktis selanjutnya untuk mewujudkan visi tersebut. Rencana-rencana taktis tersebut dapat berupa rencana jangka 3 bulan pertama, 1 tahun pertama atau 3 tahun pertama dan seterusnya.

Lakukan Survey. Sebuah survey perlu dilakukan untuk memahami pangsa pasar produk fashion yang ingin dijual. Yang termasuk dalam kategori ini adalah siapa sasaran pemasaran produk yang ingin dijual online, laki-laki atau perempuan, usia balita, remaja, dewasa dan lain-lain. Jangan lupa pula untuk memperhitungkan pesaing dalam langkah tersebut karena bila saingan terlalu berat maka kemungkinan untuk menjadi sukses makin kecil atau malah akan bangkrut usahanya. Agar lebih meyakinkan, maka sebaiknya Anda juga melakukan survey awal kecil-kecilan untuk menjaring opini segmen pasar Anda secara lebih lengkap. Menganalisis karakteristik calon pembeli sangat penting agar produk yang dijual memang dibutuhkan orang apalagi bila produk fashion yang perubahannya sangat dinamis. Tanyakan opini orang lain tentang rencana usaha yang telah dibuat. Misalnya, apakah rencana usahanya sudah cukup atau justru berlebihan.

Pesaing. Tak ada bisnis yang tanpa persaingan, semua usaha pasti ada faktor persaingan saat memulai dan menjalankannya.Menemukan atau membuat sebuah produk yang unik dan menarik adalah salah kunci untuk memenangkan persaingan dalam bisnis. Inovasi produk fashion yang belum dikenal masyarakat luas namun memiliki keunikan dan nilai jual bisa dijadikan awal untuk tetap berada di depan para pesaing. Walaupun menjadikan kompetitor sebagai sumber strategi menjalankan toko online, calon pengusaha online jangan sampai melupakan keunikan produk yang akan dijual. Keunikan atau keunggulan ini yang nantinya bisa menjadi amunisi untuk bertahan dipasar dunia maya .

Keuangan. Meskipun Anda adalah bos bisnis yang sedang dijalankan namun bekerjalah seprofesinal mungkin dalam masalah keuangan. Sebaiknya dalam mengatur keuangan bisnis Anda tidak dicampuradukan dengan keuangan yang dipakai untuk kebutuhan rumah tangga. Jadi harus ada pembukuan, yaitu catatan keuangan rumah tangga dan laporan keuangan usaha fashion Anda.

Kerja Keras. Tak ada yang mudah dalam mengelola sebuah bisnis, apapun jenis produk yang dijual. Persaingan dan hambatan lain dalam mengelola usaha tersebut pasti akan selalu ada. Oleh sebab itu, tak ada kalimat lain selain harus bekerja keras mewujudkan impian atau visi yang sudah ditetapkan sejak awal memulai bisnis online.

Semoga dari tulisan tentang cara memulai bisnis fashion online ini dapat memberikan manfaat. Dan Anda juga dapat membaca artikel lain mengenai lowongan pekerjaan sampingan lainnya atau bagaimana menghasilkan uang sebagai penulis artikel. Kedua topik tersebut akan memberikan gambaran untuk pemula yang sedang mencari penghasilan di internet.

One Response to Cara Memulai Bisnis Fashion Online