Bisnis Yang Menjanjikan Selain Usaha Waralaba Makanan

Author Pebisnis Online
bisnis yang menjanjikan

Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini Modal 50 Juta

Minimarket bisa dikategorikan sebagai sebuah peluang bisnis menjanjikan tahun 2016 ini, walaupun usaha minimarket bukanlah termasuk bisnis menjanjikan dengan modal sedikit namun nyatanya banyak orang tetap melirik usaha ini. Coba saja lihat di daerah-daerah perkampungan atau daerah kompleks perumahan banyak sekali bermunculan konsep berbelanja dengan model modern dimana memiliki ciri khas pembeli dengan leluasa memilih produk yg ingin dibelinya secara langsung dari rak pajangan dan nanti dibayar di kasir saat keluar dari toko. Perubahan konsep berbelanja seperti ini tak lepas dari makin meningkatnya taraf hidup mayarakat secara umum sebagai wujud masa transisi dari masyarakat tradisional ke modern. Masyarakat saat ini memiliki kecenderungan untuk memilih model belanja serba cepat dan instan, tanpa harus bertegur sapa dengan pemilik atau penjaga toko (kecuali kalau produk yg dicari tak ada) dan langsung bayar di kasir dekat pintu keluar.

bisnis yang menjanjikan
Minimarket adalah sebuah bisnis menjanjikan di Jakarta saat ini

Konsep bisnis yang menjanjikan jenis minimarket ini berbeda dengan jenis toko tradisional atau kelontong. Tempat nyaman (umumnya dengan ruangan berpendingin AC), harga pasti adalah beberapa keunggulan minimarket saat ini. Kebutuhan yang dijual pun sudah bermacam jenis mulai dari menjual kebutuhan bahan pokok, peralatan tulis (alat tulis kantor), kebutuhan bayi sampai minimarket bahan bangunanpun kini tengah mulai banyak bermunculan terutama di kota besar. Waralaba minimarket pun semakin banyak dan mulai munculnya franchise minimarket baru yang belum dikenal sebelumnya. Ini menandakan bahwa bisnis minimarket sangatlah menjanjikan untuk dijalankan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri.

[baca juga: Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Mahasiswa]

Cara Menjalankan Bisnis Minimarket Yang Menjanjikan

Untuk menekuni bisnis yang menjanjikan ini tidaklah sulit, sebagai syarat utamanya adalah tersedianya tempat atau lokasi yang strategis, bisa di daerah perkampungan atau perumahan yg sudah padat penduduknya dan mendesain ruangan toko sehingga nampak bersih, luas, nyaman dan modern. Dengan sistem manajemen modern pula seperti persiapan penyimpanan database produk yang memudahkan konsumen mengetahui harga secara langsung dan adanya dukungan dari beberapa karyawan dengan sistem kerja shift maka sebuah toko kebutuhan pokok sudah dapat beroperasi.

Selain letak lokasi minimarket yang harus strategis maka penentuan harga produk haruslah kompetitif sehingga menarik buat kosumen. Selain itu perlu juga diawasi secara berkala tentang tanggal kedaluarsa produk untuk menjaga kepercayaan konsumen serta menjaga tingkat atau kualitas layanan para karyawan yang diperkerjakan sebagai penjaga toko. Jika lokasi bisnis yang menjanjikan memiliki halaman cukup luas maka selain bisa dipakai untuk lahan parkir maka jika memungkinkan dapat membuka usaha pusat jajanan kecil sehingga memberikan kenyamanan lebih untuk konsumen selama berbelanja bila mereka merasa haus atau ingin makan setelah berbelanja.

Saat ini, bisnis yang menjanjikan waralaba toko ritel memang umumnya dikuasai oleh nama perusahaan besar seperti Alfamart, Indomaret, Circle K, Yomart dan Alfamidi. Perusahaan ritel minimarket tersebut memang adalah pendahulu usaha minimarket dan sudah teruji manajemennya serta berpengalaman. Namun oleh karena besarnya minat masyarakat untuk menjalankan usaha minimarket di daerah maka muncullah beberapa minimarket lokal dengan modal awal yg jauh lebih murah. Berikut ini adalah beberapa alamat usaha pewaralaba minimarket yang bisa dihubungi jika Anda berminat mencoba bisnis ini.

  • Alfamart beralamat di Jl. Mh. Thamrin no. 9 Cikokol Tangerang.
  • Indomaret, lokasi kantor di jl. Ancol 1 no. 9 – 10 Ancol Jakarta Utara.
  • Yomart, jl. Jakarta 53 Bandung Jawa Barat.
  • CBD Mart, jl. Ariobimo Sentral lantai 4 Jl. HR. Rasuna Said kav. X-5 no. 2 Jakarta Pusat, modal investasi 40 – 250 juta.
  • ATK Sukses Cemerlang, jl. Taman Kencana blok C – 8 no. 10 Jakarta Barat, investasi mulai 500 ribu – 500 juta.
  • Assalam Minimarket, alamat jl. Maritim no. 21 Kediri Jawa Timur, modal 50 juta – 150 juta.
  • Bella Mart, jl. Pattimura no. 6 Semarang, modal awal 150 juta.
  • Mitra Mart, jl. Bukit Palma AA3 / 18 Citraland Surabaya, modal 60 juta.
  • Homart, alamat di Raya Kali Rungkut 5, Rungkut Megah Raya D 5-6 Surabaya, modal mulai 60 juta.
  • Mitra Mandiri, Perum Permata Depok, Sektor Berlian blok D 4 no. 5 Pondok Jaya Cipayung Depok Jawa Barat.

Jika saja Anda berminat untuk mencoba bisnis yang menjanjikan 2016 seperti ini maka perlu diingat bahwa memang ada beberapa perwaralaba baru yang menawarkan modal investasi lebih murah daripada pewaralaba yg sudah terkenal dan besar. Tapi perlu diingat bahwa pengalaman mengelola bisnis ritel skala nasional atau besar patut dipertimbangkan karena paling tidak perusahaan ritel besar tersebut telah mampu membuktikan sistem bisnis yang berjalan dengan baik dibandingkan dengan waralaba ritel yang baru muncul. Semoga ulasan pendek ini bisa memberikan gambaran bermanfaat buat pembaca yang mencari bisnis waralaba selain makanan ringan.