Cara Merintis Bisnis Sampingan Modal Kecil Buat Karyawan

Author Pebisnis Online
Mencari Pekerjaan Sampingan

Salah Satu Sebab Mengapa Saat Ini Banyak Karyawan Mencari Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil

Lulusan sarjana sebagian besar umumnya berkeinginan bekerja pada suatu perusahaan sesuai bidang masing-masing setelah lulus dari perguruan tinggi. Gaji pokok yang cukup besar ditambah polis asuransi dan jaminan kesehatan menjadi ukuran tersendiri bagi mereka untuk bekerja pada perusahaan. Namun banyak juga yang memilih menjadi pengusaha atau mencari peluang bisnis sampingan modal kecil karena berbagai sebab. Mulai dari mentalnya yang bukan mental anak buah, sulitnya mendapat pekerjaan pada suatu perusahaan, hingga yang sedari awal memang berniat untuk menjadi seorang pebisnis. Sedangkan kenyataan yang terjadi tak sedikit karyawan yang mengeluhkan karir yang tidak berkembang. Kenaikan gaji tidak signifikan setelah sekian tahun bekerja atau gaji bulanan dirasa kurang untuk mencukupi kebutuhan sehari hari. Pada akhirnya banyak karyawan yang memilih bisnis sampingan modal kecil tanpa meninggalkan pekerjaan utamanya sehari-hari sebagai pegawai sebuah perusahaan. Namanya saja kerja sampingan maka tentu harus pintar mengambil waktu luang sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama. Bisnis sampingan seperti apa yang dirasa cukup mampu bersaing. Banyak pilihan sebenarnya tergantung bagaimana karyawan mengakomodir kebutuhannya.

Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil Buat Karyawan
Peluang Bisnis Sampingan Modal Kecil Buat Karyawan

Melakukan kerja sampingan buat karyawan sebenarnya susah atau tak mudah melakukannya. Bagaimana membagi waktu yang sempit selagi bekerja adalah kesulitan tersendiri. Namun bagi yang sudah melewati fase-fase itu, tak sedikit yang kemudian resign (mengundurkan diri) dari perusahaan dan lebih fokus atau serius menjadi seorang wirausahawan. Hasilnya omzet mereka yang berhasil mencapai jutaan rupiah. Bagaimana bisnis kecil bisa berkembang menjadi usaha dengan omzet ratusan juta rupiah? Cerdik dalam melihat dan mengambil peluang bisnis menguntungkan yang ada adalah salah satu jawabannya.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat ingin merintis usaha sampingan selain kerja sebagai karyawan setiap harinya. Yang pertama adalah waktu. Manajemen waktu yang baik mutlak untuk menjalankan pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan. Karyawan siapapun, tentu tidak ingin dimarahi manager mereka gara-gara kinerja anda di perusahaan amburadul karena Anda memiliki sambilan sehingga tidak atau kurang fokus dalam menjalankan kewajiban sebagai pegawai di perusahaan tempat kerja Anda. Jika sulit membagi waktu, maka sebaiknya anda harus memilih mana yang ingin benar-benar dilakukan. Jika memang sudah berniat wiraswasta, resign dari perusahaan adalah pilihan terbaik. Selanjutnya lihat kompetitor kerja. Apakah hal yang ingin anda kembangkan juga sudah banyak dilakukan orang lain. Perhatikan peta persaingan yang ada. Kalau bisa cari sesuatu yang jarang atau belum ada yang mengembangkan suatu bisnis sampingan modal kecil sama sekali. Sehingga persaingan bisnis menjadi lebih longgar dan mudah mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut.

Pernah mendengar nama Celebrity Pancake? Bagi yang tinggal di daerah Jabodetabek pasti tidak asing dengan outlet-outlet celebrity pancake di berbagai area di ibukota. Percaya atau tidak modal awal untuk usaha ini hanya 300 ribu rupiah. Pemilik usaha waralaba modal kecil tersebut adalah Rosita Nadhya, seorang pengusaha kecil dibalik kesuksesan celebrity pancake. Berawal dari iseng dan coba-coba, Rosita awalnya menawarkan produknya di lingkungan kerjanya. Mantan karyawan swasta ini mencuri-curi waktu saat dia bekerja untuk menawarkan produknya kala itu. Ternyata produk olahannya disukai banyak orang. Alhasil order semakin bertambah yang lalu memaksanya untuk resign dari perusahaan tempatnya bekerja selama ini. Sekarang bisnisnya mulai merambah franchise dan semakin berkembang. Modal awal yang hanya 300 ribu telah berkembang menjadi usaha beromzet jutaan rupiah. Itulah salah satu contoh bisnis sampingan modal kecil yang menguntungkan dengan hasil lumayan.

Jadi bila ingin serius menekuni sebuah usaha sampingan di rumah, haruslah dipikirkan matang matang keuntungan dan resikonya. Dalam cerita di atas, nampaknya melakukan usaha sampingan tidak sulit dan menguntungkan. Namun jika tidak berhati-hati justru akan menjadi bumerang. Tak sedikit yang justru mengacaukan pekerjaan di kantor atau harus berhutang karena merugi akibat perhitungan bisnis yang kurang matang. Mau jadi seorang pengusaha mandiri atau tidak, semuanya kembali kepada pilihan masing-masing. Tak salah untuk mencoba merintis bisnis sampingan modal kecil. Jika memang ingin total menjadi pengusaha, sebaiknya status karyawan segera dilepas. Namun jika hanya ikut-ikutan saja, lebih baik seorang karyawan berpikir dua kali dulu. Buatlah perhitungan matang sebelum melakukan usaha. Berani mengambil keputusan adalah kuncinya.