Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan

Author Pebisnis Online
Contoh Bisnis Rumahan Ibu Tangga Yang Berhasil Sukses
bisnis rumahan ibu rumah tangga
bisnis rumahan ibu rumah tangga – Dok. tanjungpinangpos.co.id

Aneka bisnis rumahan ibu rumah tangga tanpa modal besar yang berhasil mendulang sukses sangatlah banyak. Namun, nilai kesuksesan itu sendiri bersifat relatif artinya ada yang bilang kalau belum berhasil mendapatkan keuntungan minimal 5, 10, 25 atau 50 juta per bulan maka itu belumlah bisa dikatakan sukses. Tapi ada pula yang mensyukuri bahwa bisa memanfaatkan sebuah jenis bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga meskipun dengan mendapatkan untung yang sedikit, katakanlah 500 ribu – 2 juta per bulan, sudah sangat senang karena paling tidak dengan menjalankan bisnis rumahan utk ibu rumah tangga tersebut mereka dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari rumah tangganya. Dan dalam kesempatan kali ini, kami ingin memberikan beberapa cerita sukses bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan harapan dari kisah kesuksesan tersebut dapat memberikan inspirasi buat ibu rumah tangga yg kebetulan membaca artikel ini.

Macam2 Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil

Sukses Bisnis Kue Kering Modal 50 ribu
Mungkin kita akan bertanya, bisnis rumahan yang cocok untuk ibu rumah tangga seperti apa gerangan yang hanya membutuhkan modal 50 ribu? Jawabnya, ada! Yaitu bisnis kue kering rumahan jajanan Deram-deram. Kue ini mungkin masih akan terasa asing di telinga kita karena memang kue deram-deram adalah makanan kecil khas dari daerah Tanjung Pinang propinsi Riau. Paling tidak, kesuksesan sudah berhasil diraih oleh ibu Ariyani yang menekuni usaha sampingan di rumah dengan memproduksi kue khas daerahnya sejak tahun 1998. Keinginan untuk menambah penghasilan keluarga agar hidup lebih layak telah membuat ibu rumah tangga ini memproduksi kue deram-deram demi untuk memperkuat income keluarga daripada hanya mengandalkan gaji suaminya yang bekerja sebagai tenaga honorer di sebuah rumah sakit.

Modal bisnis ibu Aryani untuk pertama kali hanya 50 ribu saja, waktu itu sekitar th 1998 dan mungkin sekarang berkisar antara 400 – 500 ribu, ibu Ariyani mulai membuat kue tradisional pulau Penyengat Riau. Kemasan produknya pun masih sederhana yaitu disimpan dalam toples dan menjualnya dengan cara menitipkannya di toko-toko sekitar rumahnya. Walau pada awalnya, ibu Ariyani mengalami kendala dalam hal pemasaran kue hasil bisnis rumahan ibu rumah tangganya itu karena banyak toko yg menolak untuk menjual jajanan kue kering hasil buatannya, namun berkat kegigihan dan kerja kerasnya malah sekarang banyak toko yg meminta produknya bisa dijual di toko mereka. Ini adalah sebuah perkembangan yg bagus, menurut Ariyani karena dengan demikian, jenis bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga yang ditekuninya telah berjalan dan berkembang.

Jika dulu, produksi kue deram-deramnya dilakukan oleh Ariyani dan suaminya, maka kini bisnis rumahan ibu rumah tangga dengan modal kecil itu telah memperkejakan orang lain di bagian produksi dan hasilnya mampu untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga selesai sarjana dan membuatnya untuk pergi haji bersama suami tercintanya. Tentunya sebuah keberhasilan yang patut diteladani, bukan?

Buka Warung Bubur Kacang Ijo
Setelah dari Riau, kita sekarang akan melihat bisnis rumahan ibu rumah tangga modal kecil di daerah Yogyakarta. Ya, mungkin kita sudah pernah mendengar bahwa biaya hidup di Yogya adalah sangat terjangkau karena di sana memang harga makanan termasuk dalam kategori murah. Mau cari makan harga 3000 rupiah pun masih ada di sana. Oleh sebab itulah, sebagai kota Pelajar, Jogyakarta sangat dikenal sangat ramah untuk ditinggali oleh para pelajar atau karyawan dari luar daerah tersebut.

Menyadari bahwa Jogyakarta terkenal dengan makanan murahnya, maka ide membuat bisnis rumahan ibu rumah tangga seperti jualan bubur kacang ijo (=semacam makanan dengan bahan pokok kacang hijau dan ketam hitam yang dimasak hingga menjadi bubur dan disajikan dengan sedikit santan) sangat digemari oleh masyarakat dan ini menguntungkan sekali. Paling tidak itulah yang dialami oleh seorang wirausahawan muda, walau bukan seorang ibu rumah tangga, namun bisnis kecilnya bisa dicontoh dan ditiru untuk dijadikan ide usaha modal kecil buat ibu rumah tangga.

Andre ialah seorang pengusaha bubur kacang ijo yang memiliki usaha dengan nama Warung Gubug yang menyediakan menu utama bubur kacang ijo. Walau usahanya didirikan dengan modal awal lumayan besar, sekitar 25 juta, karena dipakai untuk membuat warung dengan gaya unik, nyaman buat tempat ngobrol pelanggan, tapi modal tersebut cepat kembali karena banyak pelanggan yang kerasan dengan suasana ramah dan nyaman warung tersebut. Ini contoh lain bisnis rumahan ibu rumah tangga yg dapat ditiru oleh para ibu di rumah.

Dengan penghasilan rata-rata sekitar 400 ribu per hari, tentu ide bisnis rumahan ibu rumah tangga seperti ini sangat potensial untuk dijadikan ide bisnis buat ibu rumah tangga. Cara pembuatan cepat dan penyajian juga cepat merupakan nilai lebih dari bisnis bubur kacang ijo ini. Namun, dari segi lokasi juga perlu diperhatikan karena itu adalah salah satu kunci utama suksesnya usaha itu.

Itulah beberapa contoh bisnis rumahan ibu rumah tangga dgn jalan memproduksi makanan ringan dengan harga murah dan terjangkau masyarakat luas. Kerja keras, ketekunan, melayani dengan baik kepada pelanggan adalah beberapa kunci sukses sebuah usaha makanan. Tentu saja masih banyak yang perlu dipelajari dengan cermat jika benar-benar mau serius menjalankan usaha di rumah. Yang utama adalah jangan jadikan modal uang sebagai alasan untuk tidak mencoba memulai sebuah ide bisnis rumahan ibu rumah tangga karena ada banyak contoh juga bisnis dengan modal besar hancur karena salah kelola. Selamat berbisnis!