Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Yang Kecil Bagi Mahasiswa

Author Pebisnis Online

Mencari pekerjaan adalah suatu tantangan dan harapan untuk para mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi. Faktanya persaingan bursa kerja untuk sarjana sangatlah tinggi. Jumlah perusahaan terbatas berbanding terbalik dengan calon pencari kerja. Apalagi kesempatan untuk lulusan baru atau fresh graduate terbatas. Umumnya perusahaan membutuhkan mereka yang sudah mempunyai pengalaman lebih, paling tidak 1 tahun di bidang masing-masing. Pertanyaannya adalah bagaimana untuk mendapatkan pengalaman, jika lowongan hanya untuk yang berpengalaman saja. Hal inilah yang membuat banyak sarjana beralih untuk berwirausaha daripada menunggu kesempatan lowongan kerja. Take an action dan menjadi seorang pengusaha mungkin slogan yang cocok untuk kalangan ini. Namun bagi mereka yang ingin mengembangkan sendiri terkadang juga masih bimbang. Kira-kira mau menekuni bisnis di bidang apa yang menguntungkan sekaligus hanya membutuhkan modal yang kecil.

Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Yang Kecil Bagi MahasiswaMemilih bisnis menguntungkan bagi seorang pemula harus memperhatikan beberapa aspek. Aspek-aspek yang dimaksud adalah keterdapatan  modal untuk usaha, kemampuan membaca peluang usaha, dan bagaimana menjalin relasi yang baik dengan rekan bisnis maupun klien. Yang pertama adalah modal. Berapa modal anda untuk memulai usaha? Jumlah modal dapat menentukan jenis bisnis apa yang ingin anda geluti. Kedua adalah kemampuan membaca lingkungan atau pasar. Perhatikan apa yang menarik di lingkungan anda. Gali potensi daerah atau sesuatu yang unik yang dapat dikembangkan untuk investasi. Kemampuan apa yang anda miliki yang dapat diterapkan? Perhatikan kondisi pasar, bagaimana persaingan bisnis yang terjadi. Apakah bisnis yang akan dikembangkan juga sudah dikembangkan orang lain? Intinya adalah jeli melihat dan mengambil peluang usaha atau bisnis yang ada. Be smart and creative! Yang terakhir adalah komunikasi. Komunikasi bisnis harus terjalin bersih dan menguntungkan kedua belah pihak. Perhatikan cara melayani klien dan bagaimana bermitra dengan orang lain. Belajarlah mengontrol bicara, sehingga orang dapat mengikuti apa yang ingin anda lakukan.

Banyak pilihan untuk memilih jenis bisnis yang menguntungkan untuk pemula. Umumnya pemula tidak mempunyai modal yang besar atau hanya mempunyai modal kecil yang harus digunakan semaksimal mungkin. Namun untuk memulai suatu usaha tidak harus dengan modal yang besar. Sekarang ini sudah banyak jenis bisnis yang menggunakan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali. Contohnya adalah bisnis distributor produk atau reseller. Bisnis ini dapat dijalankan online dan waktu kerja sesuai keinginan kita. Bisnis reseller adalah bisnis yang memperjualkan kembali produk dari supplier. Keunggulan dari bisnis ini adalah modalnya yang kecil, mudah, dan tidak terikat waktu. Namun berhati-hatilah dalam memilih produk yang akan dijual. Perhatikan apakah produk itu banyak peminatnya atau tidak di lingkungan anda. Selain bisnis reseller, masih banyak jenis bisnis yang lain dengan modal kecil. Pilih sesuai minat dan kemampuan yang anda miliki. Misalnya beternak, membuat kursus privat, usaha kuliner/catering,  kerajinan tangan, bengkel, usaha persewaan, dan lain-lain. Sekali lagi lihat potensi diri dan berapa modal untuk memulai usaha.

Untuk mereka yang mempunyai modal awal yang besar, ada beberapa maka untuk memulai sebuah bisnis mungkin bukanlah sebuah masalah berarti. Misalkan saja bisnis waralaba (franchise). Bisnis waralaba cocok untuk mereka yang mempunyai banyak modal dan ingin mempunyai bisnis usaha dengan urusan produksi yang tidak terlalu rumit. Contoh bisnis waralaba misalnya Apotek 24, Cirlcle K, Mr Burger, atau keripik pedas Maicih yang sempat booming beberapa waktu yang lalu.

Apakah bisnis bermodal kecil ataupun besar sekalipun sangat menguntungkan bagi pemula dan cepat balik modal? Itu semua bergantung dengan usaha masing-masing. Namun bila modal investasi cukup dan ingin hasil timbal balik cepat dan cukup besar maka investasikan saja uang pada reksa dana saham, reksa dana campuran, atau investasi emas batangan. Namun perlu diingat, untuk masuk di bisnis seperti itu tentunya harus memahami investasi saham serta kemampuan mengatur ekonomi yang baik.

Akhirnya pilihan kembali ke pribadi masing -masing. Untuk menjalankan apapun bisnis menguntungkan yang ingin ditekuni atau dijalani bagi pemula maka tidaklah boleh asal jalan atau sembarangan. Perhatikan kemampuan diri serta potensi yang ada. Selain itu jangan pernah menyerah, tetap semangat, terus berusaha, dan berdoa. Berani mencoba dan jangan takut untuk merugi. Karena rugi merupakan suatu keuntungan yang tertunda.